Pilwali Kota Semarang Sesuai Konstitusi

Dhana Kencana    •    Senin, 21 Dec 2015 10:10 WIB
pilkada serentak
Pilwali Kota Semarang Sesuai Konstitusi
Foto: Petugas KPU Kota Semarang, Jawa Tengah, mencatat hasil rekapitulasi suara dalam rapat pleno, 22 Desember/MTVN_Dhana Kencana

Metrotvnews.com, Semarang: Mahkamah Konstitusi menyatakan, pemilihan kepala daerah di Kota Semarang, Jawa Tengah, bersih dari gugatan. Pelaksanaan pemilihan wali kota dalam Pilkada serentak 2015 itu sudah sesuai dengan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Rapat pleno rekapitulasi suara KPU Kota Semarang akan digelar sesuai jadwal, pada Selasa 22 Desember 2015. Hasil hitung sementara menyatakan pasangan nomor urut 2, Hendrar Prihadi-Hevarita Gunaryanti Rahayu meraih suara terbanyak dalam pilwali Kota Semarang 2015.

"Lega. Seusai dengan surat MK, Kota Semarang tidak ada dan tidak termasuk dalam daerah yang berperkara. Sehingga dinyatakan tidak ada gugatan atau perselisihan hasil pilkada. Dengan demikian tahapan Pilwali Semarang dinyatakan sudah sesuai konstitusi oleh MK," kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, Minggu (20/12/2015).

Setelah penetapan pasangan calon terpilih, KPU Kota Semarang akan mengirimkan hasil pemilu kepada KPU. Kemudian Kementerian Dalam Negeri akan melantik wali kota terpilih pada Maret 2016.

Ketua Tim Pemenangan Hendi-Ita, Supriyadi mengapresiasi lancarnya pelaksanaan pilwali Kota Semarang. Dia berharap pasangan terpilih dapat merangkul seluruh elemen masyarakat, termasuk pasangan calon lain yakni Soemarmo, Suber Syafawi, Sigit Ibnugroho, dan Agus Sutiyoso, untuk bersama-sama membangun Kota Semarang.

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada masyarakat Semarang yang sudah menggunakan hak pilihnya. KPU dan Panwaslu juga sudah melaksankan tugasnya secara profesional serta tidak lupa pihak TNI dan Polri yang membantu keamanan serta membantu dalam memberikan pendidikan demokrasi kepada masyarakat dengan baik, lancar, dan kondusif," ujar dia.

Hasil rekapitulasi suara yang dikumpulkan KPU Kota Semarang menyatakan, pasangan nomor urut 2, Hendrar Prihadi-Hevarita Gunaryanti Rahayu meraih 320.745 suara. Disusul pasangan calon nomor urut 1, Soemarmo-Zuber Safawi sebanyak 220.745 suara. Sedangkan, pasangan nomor urut 3, Sigit Ibnugroho-Agus Sutyoso meraih 149.712 suara.


(TTD)