‎Calon Penumpang KA tak Tahu Pemberlakuan Ketentuan Bagasi

Dhana Kencana    •    Senin, 21 Dec 2015 10:40 WIB
pt kai
‎Calon Penumpang KA tak Tahu Pemberlakuan Ketentuan Bagasi
Suasana di Stasiun Poncol Semarang, MTVN - Dhana Kencana

Metrotvnews, Semarang: Pemberlakuan ketentuan bagasi bagi penumpang oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) tidak banyak diketahui oleh para calon penumpang. Hal ini mengakibatkan penumpang yang membawa barang melebihi kapasitas harus merogoh kocek lagi untuk membayar bagasi.

Beberapa calon penumpang mengaku kaget dan tidak mengetahui adanya pemberlakuan ketentuan bagasi yang diizinkan masuk ke dalam rangkaian penumpang. Beberapa petugas juga tampak memberikan penjelasan kepada calon penumpang yang membawa bagasi lebih banyak.

"Saya tidak tahu, tidak ada tulisannya juga. Enggak ada sosialisasi, saya terpaksa harus bayar Rp450 ribu. Pas pembelian tiket juga tidak ada pemberitahuan," kata Namira Fanessa, di stasiun Semarang Tawang, Minggu (20/12/2015).

Terhitung 20 Desember 2015, PT KAI memberlakukan ketentuan bagasi bagi penumpang yang membawa barang dengan ukuran maksimal 20 kilogram dan atau dimensi 100 desimeter kubik, dapat dibawa masuk ke dalam rangkaian‎ KA.

Sementara untuk bagasi dengan ukuran 20 hingga 40 kilogram atau maksimal berukuran 200 desimeter kubik, akan dikenakan biaya yang berbeda untuk setiap kelas. Untuk kelas eksekutif dikenakan Rp10 ribu per kilogram. Kelas bisnis Rp6.000 per kilogram. Sedangkan kelas ekonomi Rp2.000 per kilogram.


(MEL)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

18 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA