Ahok: Metromini Selalu Dimaafkan

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 21 Dec 2015 11:49 WIB
metromini
Ahok: Metromini Selalu Dimaafkan
Penumpang yang baru turun dari kereta Commuter Line berebut menaiki bus yang akan mengangkut mereka ke lokasi kerja di kawasan Duku Atas, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (15/12).--Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Metromini kerap mendapatkan permakluman dari banyak pihak. Padahal, keamanan berkendara menggunakan Metromini jauh dari standar. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membeberkan kesalahan Metromini yang dimaafkan itu.

Pria yang biasa disapa Ahok itu menjelaskan, salah satu permaafan terjadi saat Pemprov DKI akan memeriksa KIR. Saat itu sejumlah Meteromini terbukti tidak memiliki syarat cukup beroperasi. Pemprov DKI langsung mengkandangkan sejumlah Metromini itu.

"Lalu mereka demo dan kernet Metromini bakar TransJakarta di depan. Itu pun kami maafkan," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).

Tak hanya memberi maaf, kala itu Pemprov DKI menawarkan kerja sama untuk perbaikan Metromini dari segi fisik maupun keberadaan sopir. Dari situ pula awalnya Metromini diminta bergabung TransJakarta menggunakan sistem Rupiah per Kilometer (Rp/km)

"Lalu kita minta mereka perbaiki mobilnya. Lalu saya tawarkan sopirnya ditraining (latih) di kami. Sopir Anda dua kali UMP sampai 3,5 kali. Anda (sopir) bisa beli bus kami yang jamin di bank karena kami bayar Rp/km," ucap Ahok

Namun, sampai sekarang tawaran itu tidak bersambut. Metromini, sambung Ahok, masih terganjal dangan urusan struktur internal mereka. Masih ada dua pihak uang mengaku sebagai pemilik Metromini.

"Saya sudah tawarkan solusi loh. Lalu mereka bilang PT-nya enggak bisa karena kepengurusan belum diputuskan Kemenkumham," ujar Ahok.

Hingga kini, Metromini belum juga bergabung dengan sistem Rp/km. Padahal, Pemprov DKI Jakarta sudah menawarkan kemudahaan tanpa melihat legalitas perusahaan metromini tersebut.

"Saya terima (tanpa perusahan). (Mereka) bilang iya iya iya terus enggak (pasti)," tandas Ahok.


(MBM)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA