Atraksi Aerobatik Tetap Berlanjut

Patricia Vicka    •    Senin, 21 Dec 2015 11:58 WIB
pesawat jatuh
Atraksi Aerobatik Tetap Berlanjut
Lokasi dan penampakan Pesawat T50i Golden Eagle yang jatuh di sekitar Lanud Adisutjipto, Yogyakarta,--Foto: Dok/Istimewa

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Dwi Badarmanto menegaskan atraksi akrobatik aerobatik akan tetap dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. Peristiwa kecelakaan yang dialami oleh Pesawat Golden Eagle T50i tidak akan menghentikan atraksi-atraksi serupa.

"Hut Sekbang akan terus ada. Aerobatik juga terus aja. Tadi sudah disampaikan KSAU kita tetap tidak patah semangat setelah kejadian itu," ujar Marsma Dwi dalam jumpa pers di Lanud Adisucipto Yogyakarta, Senin (21/12/2015).

Pihaknya belum akan mengganti pesawat yang jatuh di Adisucipto. Sebab kini TNI AU tengah fokus menyelidiki penyebab kecelakaan yang menewaskan dua orang tersebut.

"Pesawat yang rusak belum akan kita ganti. Fokus dulu ke investigasi. Sisanya (pesawat Golden Eagle t50i) masih tetap akan kita pakai," tegasnya.

Ia melanjutkan ke 15 pesawat Golden Eagle yang tersisa diletakkan di Squadran 15 Iswahyudi Madiun. "Kita punya 1 Squadron, hilang satu. Sisanya masih kita pakai," ucapnya.

Sementara itu KSAU Marsekal Agus Supriatna menegaskan pihaknya belum akan melakukan evaluasi pada pesawat-pesawat Golden Eagle yang dimiliki Indonesia.

"Saya lagi konsen investigasi dan memikirkan keluarga pilot dan kopilot yang ditinggalkan. Bagaimana nasib anak-anaknya. Bagaimana mereka bersekolah," pungkasnya.


(MEL)