Sopir Metromini Demo, Ahok Kembali Tekan TransJakarta

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 21 Dec 2015 12:27 WIB
metromini
Sopir Metromini Demo, Ahok Kembali Tekan TransJakarta
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok),--Foto: Antara/Rafiuddin Abdul Rahman

Metrotvnews.com, Jakarta: Lagi-lagi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempertanyakan kinerja PT TransJakarta dalam menyediakan transportasi massal di Ibu Kota. Dia menilai demo sopir Metromini merupakan bentuk kegagalan PT TransJakarta menyediakan angkutan yang layak.

Ahok, sapaan Basuki, bilang kegagalan TransJakarta dinilai dari ketidakmampuan TransJakarta menjadi operator bus. Selama ini TransJakarta hanya mampu mengkoordinir operator yang datang.

"Padahal, kenapa saya putuskan bikin PT TransJakarta supaya kita masuk jadi operator. Supaya jangan disandera oleh operator-operator," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).

Pemprov DKI menyiapkan dana sebesar Rp3 triliun hingga Rp5 triliun untuk dana Public Service Obligation (PSO). Dana itu harusnya dibelikan bus. Namun, TransJakarta malah memperbanyak operator.

"Makanya saya curiga, ini (dulu) main apa? Antara TrasnsJakarta, Dishub dan operator. Makanya saya ganti Dishub dengan camat," ungkap Ahok.

Sementara sudah mengganti Kepala Dinas Perhubungan, Ahok kini sudah mewanti-wanti bakal mengganti Direktur TransJakarta, Antonius Kosasih. Di sejumlah kesempatan, Ahok sempat mengaku bakal merotasi Antonius pada Januari tahun depan.


(MBM)