Mendag-KPPU Diskusi Pengawasan Distribusi Komoditas Pangan

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 21 Dec 2015 13:22 WIB
kppu
Mendag-KPPU Diskusi Pengawasan Distribusi Komoditas Pangan
Menteri Perdagangan Thomas Lembong. FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong menyambangi Kantor Pusat Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam rapat koordinasi membahas pengawasan distribusi komoditas pangan.

"Pertemuan saya dengan pak Mendag untuk berkoordinasi. Pertama dulu ketika bertemu dengan pak Joko Widodo (Jokowi) di istana negara, ada dua hal penting yang kita diskusikan," ujar Ketua KPPU Syakarwi Rauf saat ditemui di Kantor Pusat KPPU, Jakarta Barat, Senin (21/12/2015).

Menurut Syakarwi, hal pertama yang dibahas dengan Menteri Thomas terkait soal koordinasi pengawasan distribusi komoditas pangan strategis. Kemudian, pertemuan ini juga membahas secara detail mengenai perubahan UU No.5/1999

Syakarwi menambahkan, perubahan ini sangat didukung oleh Presiden Jokowi dan Mendag untuk memperkuat kelembagaan KPPU. Sebab, KPPU akan memiliki peran penting  untuk menghambat mausknya kartel-kartel yang mungkin bersifat skala internasional dalam konteks Masyarakat Ekonomi Asean kedepan.

"Sehingga di sini pentingnya KPPU dipentingkan memperkuat kekuatan. Saya kira itu dua hal penting yang hampir satu jam lebih yang kita diskusikan dengan pak Menteri," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Thomas menambahkan, dalam pertemuan itu, juga membahas terkait persaingan sehat di bidang pangan dan beberapa bidang lainnya. Menurutnya, peran KPPU sangat diperlukan untuk menjaga persaingan usaha kedepannya.

"KPPU perlu dikuatkan dan diberdayakan untuk bisa lebih berperan sebagai pihak independent dan objektif untuk meneliti dan kemudian menindak bila ada persaingan yang tidak sehat," jelasnya.



(SAW)