OJK: ATM Himbara Perkuat Daya Saing Perbankan di MEA

Eko Nordiansyah    •    Senin, 21 Dec 2015 13:54 WIB
atm himbara
OJK: ATM Himbara Perkuat Daya Saing Perbankan di MEA
ATM Himbara. MTVN/Eko N.

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggabungan Automatic Teller Machine (ATM) bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menjadi salah satu tonggak penting perwujudan sinergi antar bank BUMN di Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini daya saing perbankan diprediksi akan lebih meningkat.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan hal ini karena efisiensi di perbankan pelat merah akan menjadi peran penting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Launching hari ini jadi langkah penting. Selain bank-bank BUMN jadi kita antisipasi kerja sama global dan tidak kalah penting juga adalah efisiensi," ujar Muliaman di Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).

Dirinya menambahkan, kerja sama antarbank seperti itu tidak hanya untuk kepentingan daya saing saja tetapi juga untuk kepentingan para nasabah yang dinilainya akan sangat lebih memudahkan.

Lebih lanjut, Muliaman berharap jika bank BUMN bisa melakukan kerja sama lainnya. Sumber daya perbankan BUMN tersebut bukanlah pekerjaan sulit sebab banyak area lain yang bisa dishare untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing.

"Dengan efisiensi harga yang ditawarkan bisa lebih murah. Kita akan dorong dengan upaya-upaya lain agar bank-bank BUMN jadi lokomotif bank nasional dengan kualitas prima, sehingga kita kuat bersaing saat MEA," pungkas dia.


(SAW)