Sinergi, ATM Himbara Untungkan Konsumen

Annisa ayu artanti    •    Senin, 21 Dec 2015 13:57 WIB
atm himbara
Sinergi, ATM Himbara Untungkan Konsumen
ATM Himbara. MTVN/Annisa Ayu Ayanti.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sinergi empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pengadaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memberikan dampak positif dan efisiensi yang cukup besar kepada nasabah.

Ketua Himbara, Asmawi Syam mengatakan, dengan diluncurkannya 50 ATM Himbara hari ini akan memberikan dampak positif kepada nasabah dari keempat bank tersebut.

"Sinergi yang kita lakukan hari ini memberikan dampak positif dan efisiensi keuangan perbankan. Baik terhadap empat bank BUMN dan nasabah-nasabah keempat bank tersebut," kata Asmawi dalam pidato sambutannya, di Pusta Grosir Tanah Abang Blok B, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).

Asmawi menyebutkan salah satu efisiensi yang sudah pasti dirasakan bagi perbankan adalah terhadap belanja modal. Dengan sinergi dana untuk pembuatan ATM ditanggung bersama atau secara gotong royong. 

"Kalau kita membeli ATM dibayar oleh satu bank sekarang membeli satu ATM membelinya dengan membayar bersama-sama," ucap Asmawi.

Asmawi menambahkan dengan adanya ATM Himbara ini juga menurunkan biaya operasional seperti pembayaran maintenance mesin ATM, pengadaan AC, pengadaan kertas struk, serta pembayaran listrik.

Dia juga menjelaskan, dampak positif yang akan dirasakan oleh nasabah adalah penurunan beberapa biaya seperti biaya penarikan tunai, pengecekan saldo, dan transfer bila menggunakan ATM bersama dan dengan menggunakan ATM Himbara.

"Sebelum dilakukan sinergi. Misalnya untuk informasi saldo, nasabah satu bank memasukan ATM bank lain membayar Rp4.000 dengan sinergi ini nasabah biayanya nol. Kemudian tarik tunai satu nasabah bank mengambil ATM bank lain Rp7.500 menjadi Rp500. Kemudian biaya transfer selama ini Rp6.500 menjadi Rp4.000," jelas dia


(SAW)