Indonesia-Australia Perkuat Kerja Sama Penumpasan Terorisme

Githa Farahdina    •    Senin, 21 Dec 2015 14:39 WIB
terorisme
Indonesia-Australia Perkuat Kerja Sama Penumpasan Terorisme
Indonesia-Australia menggelar pertemuan di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamananan. (Foto: MTVN/Githa Farahdina)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perwakilan Indonesia-Australia menggelar pertemuan di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamananan (Kemenko Polhukam). Kedua negara membicarakan penguatan kerja sama memerangi terorisme yang masih marak.
 
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kedua negara membahas tiga isu besar, yakni counter terrorism, cyber security, dan operasi intelijen.
 
"Semoga implementasinya bisa dinikmati kedua negara," kata Luhut dalam konferensi pers usai pertemuan di Media Center Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (21/12/2015).
 
Jaksa Agung Australia George Brandis menjelaskan, pihaknya datang untuk menindaklanjuti komitmen memerangi terorisme dan berbagai isu keamanan. "Pak Luhut akan mengimplementasikan kerja samanya," ujar George.
 
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menjelaskan, kerja sama police to police antarkedua negara sudah di bidang transnational crime, people smuggling, dan lain-lain. Koordinasi hari ini bermanfaat untuk menguatkan kerja sama yang ada.
 
Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso mengatakan, pihaknya sudah lebih dulu mengunjungi Australia membicarakan kerja sama bidang intelijen. Kerja sama dilakukan untuk pelatihan dan bertukar informasi tentang terorisme.
 
Tak hanya Australia, Sutiyoso juga mengunjungi Tiongkok, Amerika Serikat, Malaysia, Turki dan Paris untuk mendiskusikan strategi memerangi terorisme.
 
"Terorisme dianggap musuh bersama dunia. Kerja sama dibangun, ke depan aplikasinya join operation di antara kami," kata Sutiyoso.


(FZN)