Jelang Akhir Tahun, Harga Komoditas Sayur Mengalami Kenaikan

Mulvi Muhammad Noor    •    Senin, 21 Dec 2015 17:32 WIB
sembakotahun barunatal
Jelang Akhir Tahun, Harga Komoditas Sayur Mengalami Kenaikan
Penjual sayur di Pasar Bogor. (Foto: MTVN/Mulvi)

Metrotvnews.com, Bogor: Menjelang perayaan Natal dan tahun baru, harga sejumlah komoditas sayur di Kota Bogor mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga salah satunya dilatarbelakangi pasokan sayur yang berkurang.

Seperti yang terpantau di Pasar Bogor, Senin 21 Desember. Beberapa komoditas sayur mengalami kenaikan harga seperti wortel, cabai, tomat dan bawang.

Saat ini wortel dijual Rp12 ribu per kilogram, naik dari harga semula Rp7 ribu. Cabai merah naik dari harga Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu, cabai rawit dari Rp30 ribu menjadi Rp40 ribu. Sementara harga tomat juga naik menjadi Rp12 ribu dari harga semula Rp8 ribu.

Kenaikan tertinggi terjadi pada komoditas bawang merah. Harga bawang merah di Pasar Bogor naik sekitar Rp15 ribu, dari Rp20 ribu menjadi Rp35 ribu.

"Kenaikan harga ini terjadi sekitar dua minggu terakhir," kata pedagang sayur di Pasar Bogor, Rudi Sujana, 29, kepada Metrotvnews.com.

Menurutnya, kenaikan harga terjadi lantaran pasokan berkurang. Rudi dan pedagang sayur lainnya di Pasar Bogor kerap menggambil sayur dari Kabupaten Sukabumi dan daerah Cipanas Kabupaten Cianjur.

"Sistem pembeliannya kita sendiri yang datang ke petani. Tapi akhir-akhir ini cukup sulit, ada beberapa petani yang gagal panen," kata dia.

Kenaikan harga sayur juga terjadi di Pasar Warung Jambu Kota Bogor. Musim hujan yang mulai datang sekitar November lalu turut memengaruhi hasil panen.
`
"Kondisinya sering hujan, harga dari tengkulak juga jadi naik," kata seorang pedagang sayuran di Pasar Warung Jambu. 


(MEL)