Blatter Yakin Tak Korupsi dan Tidak Malu Dihukum 8 Tahun

Hilman Haris    •    Senin, 21 Dec 2015 17:49 WIB
fifa
Blatter Yakin Tak Korupsi dan Tidak Malu Dihukum 8 Tahun
Sepp Blatter. (Foto: AP/Michael Probst)

Metrotvnews.com, Zurich: Sepp Blatter dihukum tak boleh berkecimpung di dalam kegiatan sepak bola internasional selama delapan tahun. Hukuman itu didapat Blatter usai terbukti bersalah atas kasus suas yang terjadi di Federasi Sepak bola Internasional (FIFA).

Hukuman kepada Blatter disampaikan oleh Ketua Hakim Komite Etik FIFA, Hans-Joachim Eckert, Senin 21 Desember. Komite Etik FIFA mengklaim Blatter secara sah melakukan tindakan suap sebesar 2 juta franc Swiss atau sekitar Rp27 miliar pada 2011. Selain hukuman delapan tahun tak boleh berkecimpung di dunia sepak bola, Blatter juga mendapat denda sebesar 46 ribu euro atau sekitar Rp690 juta.

Blatter kecewa dengan putusan Komite Etik FIFA. Lantaran merasa tak bersalah, pria yang menjabat sebagai Presiden FIFA sejak 1998 hingga 2015 itu akan melakukan banding.

"Saya dihukum delapan tahun? Kenapa saya dihukum selama itu? Saya akan melawan. Perlawanan akan dilakukan demi saya dan nama besar FIFA," tegas Blatter.

"Hukuman itu menimbulkan efek yang sangat buruk. Keluarga saya sampai mendapat ejekan usai hukuman itu dikeluarkan."

"Saya tidak malu mendapat hukuman ini. Saya menyesalinya. tapi tidak malu. Saya pria yang memiliki prinsip tegas. Prinsip itu tidak pernah melibatkan uang," tegas pria berusia 79 tahun tersebut.

Kasus suap di FIFA mulai terkuak sebelum kongres tahunan, Mei 2015. Ketika itu, FBI dengan dibantu kepolisian Swiss menangkan sembilan pejabat teras FIFA di Hotel Baur au Lac, Zurich. Kasus korupsi dan suap di FIFA menggelinding bak bola salju sejak saat itu. Hingga akhirnya Komite Etik Swiss mencium adanya keterlibatan Blatter dan Presiden UEFA, Michel Platini dalam kejahatan tersebut.


(HIL)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

2 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA