Ekonomi Pulih, Emiten Pasar Modal akan Kembali Raih Laba di 2016

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 21 Dec 2015 17:57 WIB
ihsg
Ekonomi Pulih, Emiten Pasar Modal akan Kembali Raih Laba di 2016
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan investasi di 2016 bakal lebih menarik bila dibanding tahun ini. Hal itu dikarenakan kinerja laba per saham akan tumbuh 10 persen di tahun depan.

"Estimasi laba per saham sudah dipotong setiap tahun dari 2011. Tahun depan akan naik 10 persen laba per saham emiten," sebut Head of Equity Research Credit Suisse untuk Indonesia Jahanzeb Naseer, ditemui di Sampoerna Strategic Square, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Laba per saham tahun ini, menurut Naseer, telah turun 10 persen. Angka penurunan banyak diakibatkan dari sentimen luar dan dalam negeri, khususnya melambar ekonomi global. Sedangkan tahun depan kinerja laba per saham emiten banyak dibantu oleh paket-paket kebijakan ekonomi pemerintah yang telah dikeluarkan sepanjang 2015.

Selama empat tahun terakhir, dia menekankan sama sekali tidak ada gairah kenaikan pertumbuhan laba per saham emiten. Tidak hanya di Indonesia saja, tapi seluruh Asia.

"Pasar saham sulit untuk memberikan kinerja yang stabil, ketika pendapatan kena koreksi, maka laba per saham perseroan pun akan kena juga," tutur Naseer.

Ketika ada laba per saham kenaikan, maka pemulihan laba pun terjadi. Kenaikan laba banyak didorong oleh perbaikan konsumsi dan belanja modal.

Pemulihan ekonomi sudah terlihat belakangan ini, meski geraknya secara bertahap. Tapi, fokus belanja modal pemerintah dan belanja sosial yang sudah tersalurkan dengan baik, maka sentimennya ke pasar modal.

"Namun demikian, kapasitas dan inventaris sedang dalam level rendah. Dengan demikian, pemulihan ekonomi yang secara bertahap pun bisa meningkatkan laba di industri pasar modal," imbuh Naseer.


(SAW)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

4 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA