Pemerintah Buka Peluang Swasta Bersinergi dengan Pertamina dalam Bangun Kilang Minyak

Arif Wicaksono    •    Senin, 21 Dec 2015 19:07 WIB
kilang minyak
Pemerintah Buka Peluang Swasta Bersinergi dengan Pertamina dalam Bangun Kilang Minyak
Kilang Minyak ANT/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah membuka peluang pengembangan kilang untuk bersinergi dengan pihak swasta. Dia menjelaskan pembangunan dan pengembangan kilang dapat dilakukan oleh Pemerintah atau Badan Usaha.

Badan Usaha, dalam hal ini baik itu BUMN/D, swasta maupun koperasi, diberikan kesempatan yang sama untuk membangun kilang, dan Pertamina dapat bertindak sebagai pembeli produk BBM yang dihasilkan.

Selain itu pembangunan dan pengembangan kilang oleh Pemerintah dapat dilakukan baik melalui Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) ataupun penugasan kepada BUMN, dalam hal ini Pertamina.

"Apabila KPBU yang dipilih, tentunya dengan berbagai pertimbangan teknis dan finansial, Pertamina akan ditunjuk sebagai penangung jawab dari proyek kerjasama tersebut, termasuk dalam melakukan lelang badan usaha yang akan membangun atau mengembangkan kilang. Disamping itu Pertamina juga ditugaskan untuk membeli BBM yang dihasilkan," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (21/12/2015).

Apabila penugasan kepada Pertamina yang dipilih, maka pembiayaannya dapat dilakukan baik melalui APBN maupun pembiayaan korporasi Pertamina.  Beberapa fasilitas pendanaan akan diberikan kepada Pertamina.

Pertama jika Pertamina ditugaskan untuk membangun dengan pembiayaan korporasi, antara lain: pemberian penyertaan modal negara, laba yang ditahan, pinjaman, baik yang berasal dari dalam ataupun luar negeri, termasuk lembaga keuangan multilateral, serta penerbitan obligasi.

"Sampai saat ini kita sudah mengidentifikasi sekurang-kurangnya ada empat kilang yang saat ini beroperasi (Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Dumai) untuk diperbaiki, dan dua kilang baru (Bontang dan Tuban) untuk dibangun," pungkasnya.



(SAW)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA