Bisnis Aplikasi Online Berkembang, Pengangguran di Jakarta Berkurang

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 21 Dec 2015 19:21 WIB
kppu
Bisnis Aplikasi <i>Online</i> Berkembang, Pengangguran di Jakarta Berkurang
Saat ini layanan ojek online dilarang oleh pemerintah. Doc MTVN.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendukung penuh penerapan bisnis aplikasi online yang sudah diterapkan oleh Go-Jek, Grabbike, dan beberapa bisnis provider yang lain.

Ketua KPPU Syakarwi Rauf mengatakan model bisnis dengan aplikasi online ini membuka pasar seluas-luasnya bagi provider di semua jasa. Selain itu, dengan semakin banyaknya pemain di industri jasa akan mempengaruhi terhadap penurunan harga.

"Dengan semakin banyak pemain di industri itu persaingan menjadi baik, persaingan yang baik itu membuat harga menjadi rendah," ujar Syakarwi, usai bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim, di Kantor Pusat KPPU di Jakarta Barat, Senin (21/12/2015).

Dirinya menambahkan, dengan adanya model bisnis ini dapat merubah sesuatu yang dianggapnya informal menjadi formal. Dalam hal ini, Ia mencontohkan seperti tukang ojek yang dulunya bekerja sendiri-sendiri sekarang menjadi lebih terorganisir.

"Dengan bisnis aplikasi online ini ojek tidak lagi sendiri tapi lebih terorganisir. Sehingga faktor keamanan, faktor kenyamanan menjadi lebih terjamin dibanding yang sebelumnya dilakukan secara individual," tuturnya.

Dengan begitu, jumlah pengangguran khususnya di wilayah DKI Jakarta menjadi berkurang meskipun perekonomian bangsa sedang tidak stabil. Sehingga Ia berharap ke depan dibutuhkan penyesuaian-penyesuaian diaturan main untuk beradaptasi dengan bisnis baru yang akan semakin berkembang ke depan.

"Bayangkan saja di DKI saja dengan konsidi ekonomi yang kurang menguntungkan tetapi penganngguran di DKI malah berkurang, pertanyaannya kok ekonomi kita tumbuh biasa-biasa saja tetapi pengangguran bisa turun," jelasnya.



(SAW)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA