Tim Ganjal Ban Disiapkan Sambut Wisatawan ke Gunungkidul

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 21 Dec 2015 19:38 WIB
liburan
Tim Ganjal Ban Disiapkan Sambut Wisatawan ke Gunungkidul
Ilustrasi wisata Gunungkidul. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih menjadi magnet sejumlah wisatawan. Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru, pemerintah setempat mulai ancang-ancang menerima kunjungan wisatawan.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisatawan Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono, mengatakan keramaian tempat wisata sudah mulai terlihat dari kepadatan lalu lintas. Menurutnya, para wisatawan yang datang menuju sejumlah lokasi wisata seperti gua maupun pantai.

"Minggu, 20 Desember, kemarin sudah mulai masa liburan, jadi sudah ada yang mulai berlibur," kata Hary, saat dihubungi, Senin (21/12/2015).

Hary mengaku menarget jumlah wisatawan 200 ribu orang pada musim liburan kali ini. Target tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, yakni 165 ribu. Ia merasa yakin target itu bisa terpenuhi karena Kabupaten Gunungkidul masih menjadi tujuan favorit wisatawan.

"Bagi wisatawan yang di pantai kami imbau tidak berteduh di bawah tebing. Kami berharap rambu-rambu imbauan yang sudah kami pasang dipatuhi wisatawan," katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kabupaten Gunungkidul, AKP Andrey Valentino, mengatakan telah menyiapkan strategi mengantisipasi kemacetan. Salah satu langkah yang diambil yakni mengarahkan kendaraan bus besar ke arah timur mulai dari simpang Tiga Mulo dan masuk pantai melalui pintu masuk di Kecamatan Tepus.

Langkah ini diambil untuk menghindari jalan tanjakan di simpang tiga Baron yang kerap menimbulkan kemacetan. Kemudian, jalur tersebut diperuntukkan bagi kendaraan pribadi.

"Rekayasa lalu lintas menjadikan satu jalur menuju pantai akan kami lihat situasi di lapangan. Kami juga siapkan tim pengurai dan tim ganjal ban di sekitar jalur tanjakan," jelasnya.


(UWA)