Pimpinan Baru KPK Pasrahkan Revisi UU KPK kepada DPR

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 21 Dec 2015 20:00 WIB
kpk
Pimpinan Baru KPK Pasrahkan Revisi UU KPK kepada DPR
KPK - MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Raharjo mengatakan pihaknya pasrah terhadap revisi UU KPK yang akan dilakukan DPR. Komisi kata dia tidak mempunyai kewenangan untuk menolak atau menerima revisi UU KPK tersebut.

"KPK dalam revisi itu bukan pelaku utama, pelaku iya atau tidak kan pemerintah dan DPR. Kita hanya berikan saran dan masukan," kata Agus di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2015).

Menurut dia, pimpinan KPK sebelumnya telah mengajukan empat masukan kepada pemerintah jika memang ingin merevisi UU KPK. Ia menegaskan, pihaknya akan melanjutkan usaha tersebut dengan menindaklajuti usulan tersebut kepada pemerintah.

"Kita tidak dalam posisi kita teriak tidak mau revisi. Itu (revisi) ada di tangan DPR dan pemerintah," tukas dia.

Kendati demikian, dia berharap revisi UU KPK dapat ditunda. Pasalnya, ia ingin mempelajari kembali apa saja yang harus diperbaiki di KPK apakah sudah sesuai dengan yang akan direvisi oleh DPR.

"Mari bersama-sama membentuk opini supaya rencana itu (revisi UU KPK) bisa kita mundurkan. Enggak tahu itu sampai kapan," ujar Agus.

Hal senada diutarakan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Menurut dia, lembaga antikorupsi ini tidak memiliki kewenangan dalam menentukan keputusan boleh atau tidaknya revisi UU KPK. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada DPR dan pemerintah.

Namun, ia ingin melihat apa saja yang akan direvisi sebelum DPR dan pemerintah melakukannya. Menurut dia, secara akademik revisi UU harus dilakukan secara baik, bukan untuk melemahkan KPK.

"Terserah mereka (DPR dan pemerintah) dong, kalau dibilang jangan bikin ini juga, tapi balik lagi naskah akademiknya harus jelas, ini menarik untuk didiskusikan karena segala teori ada di dalamnya," kata Saut.


(REN)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA