Penyebab dan Perawatan Pasien Leukemia

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 21 Dec 2015 20:13 WIB
kesehatan
Penyebab dan Perawatan Pasien Leukemia
Pasien leukemia (Foto:Nohealthnolife.net)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meninggalnya anak sulung presenter Muhammad Farhan tentunya menyadarkan bahwa penyakit leukemia perlu diwaspadai.

Penyakit yang memiliki banyak jenis ini disebabkan oleh berbagai hal. Berikut beberapa penyebabnya, seperti dilansir Medicalnewstoday.

1. Radiasi ion buatan
2. Virus: HTLV-1 (Human T-Lymphotropic Virus) and HIV (Human Immunodeficiency Virus)
3. Benzena dan beberapa Petrokimia
4. Alat kemoterapi akrena radikal alkyl dari pengobatan kanker sebelumnya.
5. Transmisi janin ibu (jarang)
6. Pewarnaan rambut
7. Kecenderungan genetik: Orang yang memiliki sejarah keluarga dan anak kembar memiliki risiko yang lebih tinggi dalam pengembangan leukemia karena adanya gen yang tunggal.
8. Down syndrome: Orang dengan Down Syndrome lebih besar risiko terserang leukemia karena memiliki kelainan kromosom tertentu.

Belum ada pencegahan untuk penyakit ini bila dilihat dari asalnya. Untuk beberapa jenis leukemia bisa dilakukan pencegahan dengan menghindari radiasi dosis teinggi, paparan benzena, merokok atau penggunaan tembakau lain.

Baca juga: Mengenal Leukemia dan cirinya

Untuk perawatan yang dilakukan di rumah, dianjurkan melakukan beberapa hal berikut agar rasa sakit bisa berkurang setelah melakukan kemoterapi, seperti dilansir Emedicinehealth.

1. Minum makanan yang mengandung jahe
Bila mual, muntah, dan mengalami tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering atau pusing ketika berdiri. Makanan kecil jug amembantu mengurangi hal tersebut.

2. Olah raga ringan dan makan makanan sehat
Untuk mengurangi sembelit, lakukan olah raga ringan dan minum air yang cukup. Seimbangkan juga dengan memakan makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan berserat.

Untuk perawatan lebih lanjut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.


(ROS)