Pencurian Kendaraan Bermotor

Modus Baru Curanmor dengan Radio Jamming

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 22 Dec 2015 10:30 WIB
ranmor
Modus Baru Curanmor dengan Radio Jamming
Modus baru ranmor dengan radio jamming. Alistate

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepolisian Daerah Polda Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya), menghimbau kepada masyarakat agar waspada, terhadap modus baru pencurian kendaraan bermotor (ranmor).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Muhammad Iqbal mengatakan, pencurian kendaraan dengan modus baru, diketahui dari laporan masyarakat. Musibah ini terjadi di parkiran rest area tol Cibubur.

Berawal saat sang pemilik turun dari mobil, remote yang digunakan untuk mengunci pintu tiba-tiba tidak berfungsi, akhirnya dikunci secara manual.

Saat hendak masuk mobil, ia terkejut lubang kunci pintu dalam kondisi rusak. Akibatnya sang pemilik mobil harus kehilangan laptopnya, yang ditinggal di dalam mobil.

Menurut Iqbal, tidak berfungsinya sistem penguncian pintu menggunakkan remote, diduga akibat gelombang radio yang dirusak menggunakan alat khusus (radio jamming). Akibat lain radio jamming, berdampak rusaknya sistem alarm, karena pada saat kejadian tidak terdengar bunyi alarm.

Pintu mobil yang dikunci secara manual, serta sistem alarm yang tidak berfungsi, membuat para maling leluasa membobol menggunakan obeng Leter T.

Iqbal mengatakan, pihaknya masih menyelidiki pencurian kendaraan modus baru, dengan mengacaukan sinyal remote (radio jamming) yang digunakan kawanan pencuri.

Polisi mengimbau kepada masayrakat, untuk mewaspadai modus baru ini, terutama saat parkir di tempat yang asing.


(UDA)