Petisi Darurat Asap Paling Banyak Dimunculkan Netizen

Arga sumantri    •    Selasa, 22 Dec 2015 03:28 WIB
petisi dukungan
Petisi Darurat Asap Paling Banyak Dimunculkan Netizen
Kabut asap menyelimuti Palangkaraya/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Peristiwa kabut asap pada sejumlah daerah di Indonesia beberapa waktu lalu jadi isu yang paling sering muncul dari netizen. Wadah petisi online Change.org Indonesia mencatat ada 1200 isu menjadi petisi tentang darurat asap.

Direktur Komunikasi Change.org Indonesia, Desmarita Murni menyatakan total 1200 petisi tentang darurat asap muncul dalam jangka waktu satu bulan, yakni periode September hingga Oktober 2015.

"Petisi itu nyatanya bukan hanya dibuat oleh warga Sumatera, tapi Kalimantan, Sulawesi dan beberapa tempat lainnya juga," kata Desma di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2015).

Salah satu pembuat petisi yakni aktivis Walhi, Yaya menyatakan ribuan petisi atas isu darurat asap menandakan gentingnya kondisi kabut asap pada waktu itu. Sebagai aktivis lingkungan, dia menyayangkan lambannya pemerintah dalam menangani peristiwa kabut asap.

"Satu sisi ada kesenangan karena membuktikan banyak orang yang ingin melakukan sesuatu. Tapi, di sisi lain ada keprihatinan, kenapa sampai ada 1200 petisi tentang asap, pemerintah ngapain? sampai banyak gitu," ungkap Yaya.

Keprihatinan atas peristiwa kabut asap yang terjadi pada sejumlah wilayah di Indonesia saat itu, kata Yaya bulan tanpa alasan. Hilangnya hutan, banyaknya warga yang terkena dampak kabut asap, serta lambannya penanganan jadi poin yang membuat isu itu banyak disuarakan netizen.

"Sebanyak 2,6 juta hektar lahan hilang. Enam juta orang terpapar kabut asap, belum lagi ratusan ribu orang sakit ISPA, termasuk di antaranya anak kecil dan balita," papar aktivis lingkungan itu.

Selain membuat petisi yang disebar secara online lewat Change.org Indonesia, Yaya dan aktivis lingkungan lainnya juga melakukan pergerakan-pergerakan offline. "Kampanye penanganan kabut asap, menyurati pemerintah, dan lain-lain," beber Yaya.


(REN)

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

Istri Novanto akan Diperiksa Besok

36 minutes Ago

Rencananya, Deisti akan diperiksa, besok, Senin, 20 November 2017.

BERITA LAINNYA