Kemenhub Sayangkan Pembebasan Lahan Kereta Pelabuhan Belum Kelar

Husen Miftahudin    •    Selasa, 22 Dec 2015 06:16 WIB
kementerian perhubungan
Kemenhub Sayangkan Pembebasan Lahan Kereta Pelabuhan Belum Kelar
Ilustrasi Kereta Api. MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berharap banyak dengan operasi kereta pelabuhan yang menghubungkan Stasiun Pasoso, Jakarta Utara dengan Stasiun Jakarta International Container (JICT) Terminal Pelabuhan Tanjung Priok. Pasalnya jika beroperasi, kereta pelabuhan tersebut akan memperlancar dwelling time yang akan meningkatkan investasi masuk ke dalam negeri.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko mengakui, proyek pembangunan kereta pelabuhan tersebut masih terkendala pembebasan lahan. Meski lahan jalur yang masuk ke JICT telah beres.

"Yang masuk JICT sudah beres lahannya, tinggal pembangunannya. Itu pembebasan lahan dengan PT KAI (tanggung jawabnya)," ujar Hermanto ditemui di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/12/2015).

Proyek jalur sepanjang 1,2 kilometer (km) tersebut masih tersebut. Rencana pembebasan lahan yang ditargetkan pada Maret 2015, hingga kini masih tersendat. Akhirnya, jalur rel tersebut tak bisa dihubungkan dengan Stasiun Tanjung Priok.

"Tidak bisa integrasi dengan kereta barang di Tanjung Priok. Akhirnya tidak masuk ke Stasiun Tanjung Priok, padahal targetnya (pembebasan lahan) Maret 2015," papar dia.

Meskipun begitu, ia meyakini operasi kereta pelabuhan tersebut akan tetap sesuai target. "Awal tahun beroperasi, karena dari tujuh rumah sudah diselesaikan," pungkas Hermanto


(SAW)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

18 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA