Kue Rumah Jahe Meriahkan Natal

Deo Dwi Fajar Hari    •    Selasa, 22 Dec 2015 11:18 WIB
tahun barunatal
Kue Rumah Jahe Meriahkan Natal
Pengunjung tengah memperhatikan diorama kue rumah jahe. (Foto: MTVN/Deo)

Metrotvnews.com, Semarang: Banyak cara yang bisa dilakukan menyambut perayaan Natal. Memajang pohon natal dan pernak-perniknya tentu sudah biasa. Hotel Aston Jalan Sayangan, Bubakan, Semarang utara, punya cara unik sendiri untuk menyambut perayaan Natal, membuat minatur kue rumah jahe khas Natal.

12 rumah mungil berjejer rapi di atas meja bundar, lengkap dengan balutan salju di atap. Semarak dengan replika manusia salju yang berdiri persis di sisi kanan dan kiri rumah. Sementara ikon Natal, Santa Clause, ditempatkan di puncak diorama.

Pembuat diorama kue rumah jahe, Chef Sugeng, mengatakan, butuh waktu tiga hari membuat satu set diorama tersebut.

"Prosesnya lumayan menyita waktu. Tiga hari itu mulai proses pemanggangan sampai membentuk kue," terang dia kepada Metrotvnews.com, Selasa  (22/12/2015).

Chef Sugeng menggunakan bahan-bahan standar untuk membuat kue jahe dengan pelengkap gula putih untuk membuat kesan salju di atap rumah. Keterampilan Sugeng membentuk sebuah rumah membuat proses pembuatan kue jahe berbeda dari cara-cara biasa.

"Kalau salju-salju itu pakai krim icy dari gula. Tentu seluruh set aman untuk dikonsumsi," jelasnya.

Sugeng mengaku sengaja membuat kue berjumlah 12 buah. Hal tersebut sebagai bentuk representasi datangnya hari Natal yang jatuh pada 25 Desember mendatang.

Salah seorang tamu hotel, Asti, mengaku sangat tertarik dan mengapresiasi karya Sugeng. Dia kemudian mencolek sedikit bagian dari kue jahe yang terpajang di lobby hotel.

"Lucu, unik. Baunya kaya jahe-jahe gitu. Kreatif, salut buat kokinya," kata dia.

Pengelola hotel mengaku sengaja menyajikan miniatur rumah jahe untuk memeriahkan perayaan Natal. Jumlahnya pun disesuaikan dengan waktu perayaan.

"Kita sengaja menyajikan kue jahe rumah salju berjumlah 12 karena ketepatan di bulan Desember, bulan 12, rumah akan menghangatkan Natal Tahun ini," kata Amanda, staf PR hotel.

Dia menambahkan, bagi pengunjung hotel diperbolehkan untuk mencoba kue natal yang terbuat dari jahe tersebut, namun harus memesan terlebih dahulu.



(MEL)