30 Juta Anak Muda Pengguna Aktif Sosial Media

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 22 Dec 2015 11:24 WIB
media sosial
30 Juta Anak Muda Pengguna Aktif Sosial Media
Acara Smart User in Smart Media oleh Forum Mahasiswa Komunikasi Korporat Universitas Paramadina.

Metrotvnews.com, Jakarta: Rektor Universitas Paramadina, Prof Firmanzah, merasa senang dengan acara “Smart User in Smart Media” yang diselenggarakan Forum Mahasiswa Komunikasi Korporat Universitas Paramadina. Diakuinya bahwa media sosial kini hanya terbatas pada ruang diskusi dan curhatan.

“Ada yang menggunakan media sosial hanya sebatas memindahkan diskusi di warung kopi, menjadi diskusi di media sosial. Nah ini yang perlu kita edukasi,” ujar Fiz, panggilan akrabnya, (21/12). Menurutnya, hal ini tidak boleh terjadi karena sebenarnya media sosial memberikan kesempatan dan potensi yang luar biasa.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan UNICEF, Harvard University, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, anak muda yang menjadi pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai angka 30 juta. 98 persen anak-anak muda di Indonesia mengerti apa itu sosial media, sementara 79,5 persen di antaranya adalah pengguna aktif.

Hingga saat ini, Facebook, Twitter, Whatsapp, Path, dan Instagram masih menjadi platform media sosial yang banyak digandrungi anak-anak muda.

Meski pengguna media sosial di Indonesia sangat tinggi, media sosial sering tidak digunakan secara produktif. Lebih disayangakan lagi, media sosial juga sering dijadikan sarana menebar hoax dan kebencian. Akibatnya banyak pengguna yang ditangkap polisi karena melanggar UU ITE.

Andi Saruri, seorang jurnalis media online, memberikan pesan penting pada anak-anak muda dalam acara Smart User in Smart Media yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Komunikasi Korporat Universitas Paramadina.

“Ingatlah bahwa kita selalu diawasi. Jangan menghina orang. Memang UU ada pasal karetnya, tapi tetap saja, apa sih yang kalian ingin tunjukkan, diri kalian itu seperti apa sih,” ujar Andi di Auditorium Nurcholis Madjid, Universitas Paramadina (21/12).

Sebagai seorang jurnalis, Andi mengungkapkan bahwa media sosial adalah tantangan baru bagi media massa mainstream. Dirinya juga mengungkapkan bahwa sosial media memiliki potensi yang begitu besar. Hal ini memang tidak dapat dipungkiri mengingat banyaknya selebriti baru yang justru populer melalui media sosial.

Dalam kesempatan tersebut, duduk di samping Andi, Yoga Arizona (25). Yoga merupakan selebriti media sosial yang terkenal melalui aplikasi DubSmash. Dirinya menjadi sorotan karena mampu meniru gaya artis terkenal. Banyak orang menikmati aksi DubSmash Yoga ini. Bahkan followers Instagramnya kini telah mencapai angka 38.000.
 
Yoga melihat media sosial adalah sarana bagi kalangan anak muda untuk menunjukkan eksistensi dan mengembangkan bakat. Yoga merasa bahwa apa yang dilakukannya di dubsmash adalah sebuah karya. Pria kelahiran Pasuruan tersebut mengakui bahwa ia mendapatkan penghasilan melalui media sosial.

“Kerja keras itu merupakan karya,” kata Yoga kepada para peserta acara Smart User in Smart Media (21/12).

Di tengah maraknya penyalahgunaan media sosial, acara Smart User in Smart Media menghadirkan kedua pembicara tersebut dengan maksud mengedukasi anak-anak muda agar lebih smart dalam menggunakan media sosial. Acara edukasi ini juga membuat peserta antusias karena turut dimeriahkan oleh para Komika Stand Up Comedy.
 


(MMI)

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

28 minutes Ago

KPK juga telah melakukan penggeledahan, penyitaan dan penelusuran aliran dana yang diduga berka…

BERITA LAINNYA