BI Bali Sosialisasi Rupiah kepada Prajurit TNI

   •    Selasa, 22 Dec 2015 11:52 WIB
rupiah menguat
BI Bali Sosialisasi Rupiah kepada Prajurit TNI
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo)

Metrotvnews.com, Denpasar: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali melakukan sosialisasi mengenai bank sentral dan keaslian rupiah kepada para prajurit Komando Daerah Militer IX/Udayana di Denpasar, Bali.

"BI memiliki tugas menjaga dan memelihara kestabilan rupiah yang merupakan salah satu tugas pokok kami," kata Asisten Manajer Unit Komunikasi dan Layanan Publik Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali Dinantiar Anditra, seperti dikutip dari Antara, di Denpasar, Selasa (22/12/2015).

Selain menyangkut kebijakan moneter BI juga melakukan sosialisasi dan edukasi untuk mengenali keaslian mata uang rupiah. Untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah (Cikur), BI masih menekankan edukasi 3-D yakni dilihat, diraba dan diterawang.      

Ia menjelaskan, sejatinya uang rupiah telah dilengkapi sejumlah alat pengamanan yang tinggi di antaranya benang pengamanan dan tinta tiga dimensi yang bisa berubah warna. Selain itu, pada lembaran uang asli dilengkapi juga dengan beberapa tanda yang terasa kasar apabila diraba dan adanya tanda khusus bagi penyandang tuna netra.

"Ada juga tanda air pada gambar pahlawan dan gambar saling isi lambang BI pada cetakan gambar muka dan belakang lembaran uang," ungkapnya.

Dalam sosialisasi itu, petugas menggunakan alat khusus berupa sinar ultraviolet yang biasanya digunakan oleh petugas bank dan petugas kasir di pasar swalayan guna mendeteksi keaslian uang. Dalam hal ini, BI meminta masyarakat dan anggota TNI untuk mewaspadai peredaran uang palsu terlebih menjelang akhir tahun.



(ABD)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA