T50i Jatuh di Lanud Adisutjipto

Produsen Jet T50 Siap Lakukan Penyelidikan Bersama

Fajar Nugraha    •    Selasa, 22 Dec 2015 11:56 WIB
pesawat jatuh
Produsen Jet T50 Siap Lakukan Penyelidikan Bersama
Pesawat T50i Golden Eagle,--Foto: Ismawan Nugraha

Metrotvnews.com, Seoul: Produsen pesawat tempur T50 yang jatuh di Lanud Adisutjipto, Minggu 20 Desember lalu, menyatakan kesediaannya untuk melakukan penyelidikan bersama dengan pihak Indonesia.

Pesawat T50i itu jatuh dan menewaskan dua pilot yang berada di dalamnya. Pihak Korea Aerospace Industries (KAI) pun mengaku akan bekerja sama untuk menyelidiki insiden tersebut.

"Kami ada ahli yang siap di Indonesia. Mereka siap untuk merespons juga diminta untuk bergabung melakukan penyelidikan," ujar Juru Bicara KAI, seperti dikutip AFP, Selasa (22/12/2015).

Kecelakaan yang terjadi pada Minggu itu berlangsung saat sebuah jet tempur T-50 Golden Eagle turut serta dalam pameran kedirgantaraan. Ini adalah kecelakaan ketiga yang dialami jet tempur itu, sejak diperkenalkan pada 2002.

Dua kecelakaan sebelumnya terjadi di Korea Selatan. Pada 2012, seorang pilot tewas dan dua pilot lainnya tewas dalam kecelakaan pada 2013.

KAI sudah mengekspor 56 pesawat T-50 ke empat negara termasuk ke Filipina, Thailand, Irak dan Indonesia. Indonesia sendiri membeli 16 jet tempur ini.

"Masih terlalu dini apakah kecelakaan terakhir bisa mempengaruhi upaya kami untuk turut serta menawarkan diri dalam proyek dengan Amerika Serikat. Kami harus menunggu hasil dari penyelidikan," imbuh pihak KAI.

Pesawat tempur T-50i Golden Eagle milik TNI AU yang jatuh saat beratraksi dalam acara Gebyar Dirgantara di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta merupakan pesawat tempur golongan terbaru. TNI AU membeli satu Skadron pesawat jenis itu pada 2013.

Dua pilot yang menjadi korban yaitu Letkol Penerbang Marda Sarjono dan Kapten Penerbang Dwi Cahyadi. Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Dwi Badarmanto menegaskan keduanya memiliki kualitas baik.


(FJR)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

5 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA