Gabung TransJakarta, Tarif PPD Transjabodetabek Rp3.500

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 22 Dec 2015 12:19 WIB
transjakarta
Gabung TransJakarta, Tarif PPD Transjabodetabek Rp3.500
Uji coba Transjabodetabek-----MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Jakarta: Tarif angkutan Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) Transjabodetabek bakal dipukul rata Rp3.500. Tarif itu bakal disubsidi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat sistem rupiah per kilometer (Rp/Km) kepada operator bus.

Tarif sebesar Rp3.500 itu bakal diberlakukan mulai dari daerah penyangga seperti Bekasi, Depok dan Tangerang yang akan menganggut penumpang ke Jakarta. "Kami subsidi dengan Public Service Obligation (PSO)," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2015)

Ahok, sapaan Basuki, mengungkapkan, kebijakan ini langsung dikenakkan bagi sejumlah operator baru TransJakarta yang akan bergabung. Sebanyak 600 bus PPD Transjabodetabek adalah salah satu yang akan bergabung dalam waktu dekat.

Dia bilang, selama ini, masyarakat keberatan dengan pembebanan biaya tambahan saat mempergunakan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB). Mereka harus mengeluarkan uang sebesar Rp9.500 hingga Rp11.500 buat sekali jalan.

"Saya enggak mau lagi seperti APTB," ujar dia.

Strategi tarif ini diyakini Ahok bakal menekan angka pengguna pengendara motor dari sejumlah daerah penyangga di Jakarta. Tarif dan kenyamanan fasilitas akan jadi nilai jual TransJakarta.

"Saya yakin orang dari Tangerang ke Jakarata bayar Rp3.500 melepaskan motor, karena cape di motor. Kalau duit kita cukup dari Bogor pun Rp3.500 sampai Jakarta, kenapa tidak," jelas Ahok.
 


(TII)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

2 hours Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA