Cegah Korupsi, Ketua KPK Ajak Masyarakat Taati Aturan Sederhana

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 22 Dec 2015 13:00 WIB
kpk
Cegah Korupsi, Ketua KPK Ajak Masyarakat Taati Aturan Sederhana
Mural antikorupsi Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, 15 Desember 2014. Foto: MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Mencegah korupsi tak melulu harus dengan program luar biasa. Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan perilaku korup bisa dihindari dengan menaati aturan-aturan sederhana.

Misalnya, pengemudi menaati aturan lalu lintas. Hal itu terdengar sepele, tapi menurut Agus, jika melanggar aturan lalu lintas bukan mustahil si pengemudi bisa melakukan kejahatan lebih besar.

"Kalau sekarang banyak orang yang terobos lalu lintas, kalau jadi pejabat pasti korupsi," kata Agus saat bertemu para kepala sekolah berintegritas di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2015)

Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah itu berpesan kepada kepala sekolah dan guru untuk menempa generasi penerus agar taat aturan dan menjaga integritas. Dia juga berharap, sekolah makin transparan dalam berbagai hal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dalam kesempatan yang sama mengatakan, tegaknya integritas dalam dunia pendidikan bisa terwujud bila semua pihak bergerak. Sekolah harus jadi tempat tumbuhnya generasi berintegritas.

"Kita semua wajib mendidik generasi bangsa ini tidak boleh lagi bersikap diam dan mendiamkan ketidakjujuran," tegas Anies.

Anies mengapresiasi 503 kepala sekolah yang Senin 21 Desember mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan karena tercatat paling berintegritas, setidaknya lima tahun terakhir. Anies berharap, para kepala sekolah dan guru menurunkan sikap terpuji tersebut ke murid-murid.


(TRK)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

16 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA