KPU Tetapkan Risma-Whisnu Sebagai Pemenang

Amaluddin    •    Selasa, 22 Dec 2015 14:37 WIB
pilkada serentak
KPU Tetapkan Risma-Whisnu Sebagai Pemenang
Rapat pleno terbuka penetapan wali kota dan wakil di Hotel Singgasana Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/12/2015). (Metrotvnews.com/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya menetapkan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana sebagai wali dan wakil wali kota terpilih. Calon petahana itu akan kembali memimpin Kota Surabaya untuk periode 2015-2020. 

Surat penetapan bernomor 95/BA.KPU/XII/2015 dibacakan Komisioner KPU Kota Surabaya Bidang Sosialisasi, Nur Syamsi, di Hotel Singgasana Surabaya, Jawa Timur, Selasa 22 Desember 2015.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi, pasangan Risma-Whisnu memiliki suara terbanyak. Untuk itu kami tetapkan sebagai Wali dan Wakil Wali Kota Surabaya terpilih," kata Nur Syamsi.

Dari 31 kecamatan, pasangan nomor urut satu, Rasiyo-Lucy memperoleh 141.324 suara. Sementara, pasangan nomor urut dua, Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana meraih 893.087 suara. Suara tidak sah 17.630 suara. 

Sementara itu, Ketua KPU Surabaya Robiyan Arifin mengucapkan terima kasih kepada pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari atas partisipasi dalam Pilkada Surabaya.

"Juga kepada Panwaslu yang telah ikut membantu mensukseskan Pilkada Surabaya hingga berjalan lancar dan sukses," kata Robiyan.

Selanjutnya, KPU akan menyerahkan surat ketetapan kepada DPRD Kota Surabaya. Pasangan Risma-Whisnu akan dilantik oleh legislator Surabaya. 

"Dalam hal ini tugas KPU sudah selesai. Untuk selanjutnya adalah tugas DPRD yang akan berkoordinasi dengan Mendagri (Kementerian Dalam Negeri) untuk mengusulkan jadwal pelantikannya melalui Gubernur Jawa Timur," pungkasnya.


(SAN)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

Opsi: Setnov Bicaralah! (4)

9 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA