Majelis Fatwa Nasional Malaysia Tetapkan Rokok Elektrik Haram

Fajar Nugraha    •    Selasa, 22 Dec 2015 14:43 WIB
malaysia
Majelis Fatwa Nasional Malaysia Tetapkan Rokok Elektrik Haram
Jenis-jenis rokok elektrik (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Majelis Fatwa Nasional Malaysia menetapkan bahwa penggunaan rokok elektrik dan vaping haram.

Menurut ketua majelis ini, Tan Sri Dr Abdul Shukor Husin, mereka menemukan bahwa tren vaping (jenis lain dari rokok elektronik) tidak membawa keberuntungan bagi penggunanya.

"Majelis menemukan bahwa konsumsi sesuatu yang berbahaya, baik langsung maupun tidak langsung, sengaja atau tidak sengaja, bisa berujung pada kematian. Jadi ini (rokok elektrik) tidak diizinkan," ujar Abdul Shukor, seperti dikutip The Star, Selasa (22/12/2015).

Abdul Shukor yang memimpin pertemuan mengenai masalah rokok elektrik ini menambahkan, rokok elektrik atau vaping bisa dianggap sesuai yang tidak disukai dalam Islam. Selain itu, penggunaan rokok elektrik juga bisa mengakibatkan kondisi berbahaya bagi penggunanya.

"Dari perspektif syariah, Muslim tidak bisa mengkonsumsi sesuatu yang bisa merugikan kesehatan terlibat dalam kegiatan yang sia-sia," imbuh Abdul Shukor.

Lebih lanjut Abdul Shukor menyebutkan bahwa pihak berwenang bisa melarang penggunaan rokok elektrik dan vaping juga menimbulkan gangguan terhadap kesehatan publik.

"Negara non-Muslim lainnya juga melarang penggunaan vape juga," jelasnya.

Abdul Shukor kemudian merekomendasi bahwa negara bagian lain di Malaysia juga mengeluarkan kesimpulan yang sama. Bahkan menurunya, badan agama seperti di Johor, Penang dan Wilayah Federal sudah menyatakan rokok elektrik haram.
 


(FJR)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

10 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA