Rekomendasi Komnas PA Cegah Kekerasan terhadap Anak

Riyan Ferdianto    •    Selasa, 22 Dec 2015 14:48 WIB
kekerasan anak
Rekomendasi Komnas PA Cegah Kekerasan terhadap Anak
Aris Merdeka (tengah)------MTVN/Riyan

Metrotvnews.com Jakarta: Komisi Nasional Perlindungan Anak akan memberi rekomendasi untuk mengurangi kekerasan seksual terhadap anak di 2016. Sebab, berbagai kekerasan terhadap anak terjadi dalam kurun lima tahun terakhir.

Ketua Komnas Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan, pihaknya punya sejumlah rekomendasi. Pertama, kata dia, Komnas PA akan mendorong presiden untuk menetapkan segala bentuk kekerasan terhadap anak sebagai kejahatan luar biasa dan dituangkan dalam peraturan pengganti undang-undang tentang pemberatan hukuman.

"Komnas Anak dalam waktu tidak begitu lama akan bertemu Komisi III DPR untuk mendorong dan memberikan masukan agar menetapkan segala bentuk kekerasan terhadap anak sebagai kejahatan luar biasa," ujar Arist di kantor Komnas PA, Jalan T.B. Simatupang No. 33, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (22/12/2015).

Kedua, kata Arist, Komnas akan membentuk tim reaksi cepat perlindungan anak. Tim akan bekerja sama dengan kepolisian di seluruh Indonesia buat memutus rantai kekerasan terhadap anak.

Kemudian, Komnas juga mendukung presiden mengeluarkan Perpu Kebiri Suntik kimia. Terakhir, Komas PA mendorong presiden untuk mewujudkan tanggung jawab lintas kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam melaksanakan Inpres No. 5 Tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Antikejahatan Seksual.

"Untuk memastikan keadilan hukum bagi korban dari predator dewasa," sebut dia.


(TII)