Tiga Faktor Jakarta 'Destinasi Favorit' Penjahat Jalanan

Damar Iradat    •    Selasa, 22 Dec 2015 14:51 WIB
dki jakarta
Tiga Faktor Jakarta 'Destinasi Favorit' Penjahat Jalanan
Ilustrasi--Antara/Jafkhairi

Metrotvnews.com, Jakarta: Tingkat kriminalitas jalanan di Jakarta  diprediksi meningkat pada 2016. Ada tiga faktor mengapa kemungkinan itu bisa terjadi.

Kriminolog Ferdinand T. Andilolo mengatakan, faktor pertama karena Jakarta adalah pusat ekonomi dan kesejahteraan. Ibu Kota disebut bakal jadi 'destinasi favorit' penjahat jalanan.

"Tidak hanya menarik bagi pencari kerja, tapi juga penjahat," kata Ferdinand kepada Metrotvnews.com, Selasa (22/12/2015).

Faktor kedua, sistem pengamanan Ibu Kota yang digawangi kepolisian belum berjalan baik. Rasio jumlah masyarakat dengan polisi masih jomplang.

Di negara berkembang, seperti Indonesia, idealnya satu polisi melindungi 500 masyarakat. Namun, yang terjadi di Indonesia, apalagi di Jakarta, rasio perbandingan bisa mencapai 1:900. "Akan banyak blank spot yang tidak tercover polisi. Itu jadi celah penjahat," paparnya.

Faktor berikutnya adalah hubungan sosial di masyarakat yang sangat tipis. "Hubungan sosial di Jakarta dengan daerah berbeda. Misal di kampung, walau jarang ada pengamanan dari polisi, mereka bisa saling menjaga satu sama lain," ujar dosen Universitas Indonesia itu.

Untuk langkah pencegahan, Ferdinand menyarankan agar masyarakat juga bisa meningkatkan kesadaran dalam berpergian. Karena, masyarakat tidak selamanya bisa bergantung pada polisi.

Ia menyarankan, jika ingin berpergian, masyasarakat tidak menggunakan perhiasan berlebih. Masyarakat juga diminta untuk lebih hati-hati dalam memilih rute berpergian agar tidak menjadi korban kejahatan. "Karena bisa saja kesempatan itu dibuat oleh korban sendiri," pungkasnya.

Dirkrimum Polda Metro Jaya, Khrisna Murti sebelumnya mewanti-wanti pada 2016 kejahatan jalanan di Jakarta bakal meningkat. Bahkan, pelaku akan makin sadis.

Indikasi itu mulai terlihat saat ini. Pelaku kejahatan jalanan sudah membekali diri dengan senjata api. Selain itu, polisi juga memprediksi pelaku kejahatan bakal banyak dari luar daerah.


(YDH)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

2 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA