KPU Kasasi Hasil Putusan Sengketa Pilkada Kota Manado

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 22 Dec 2015 15:02 WIB
pilkada serentak
KPU Kasasi Hasil Putusan Sengketa Pilkada Kota Manado
Ketua KPU Husni Kamil Manik. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: KPU mengajukan kasasi atas putusan PT TUN Makassar yang mengabulkan permohonan gugatan calon kepala daerah Kota Manado Jemmy Rimba Rogi-Boby Daud. Kasasi akan diajukan KPU Kota Manado.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan pihaknya sudah memberikan saran kepada KPU Kota Manado dan KPU Sulawesi Utara sebelum mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Menurut Husni, KPU menemukan celah hukum untuk melawan putusan PT TUN Makassar. Sebelumnya, KPU juga melawan putusan yang mengabulkan permohonan calon kepala daerah Kalimantan Tengah dan Kabupaten Fakfak.

"Amar putusan pengadilan PT TUN Makassar intinya sama dengan perkara Kabupaten Fakfak. Maka kemudian sikap KPU adalah kasasi," kata Husni di kantor KPU, Jakarta, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2015).

Husni berharap kasasi atas permohonan dari calon kepala daerah Kota Manado, Kabupaten Fakfak, Kalimantan Tengah yang diajukan ke MA dan kasasi Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Pemantangsiantar yang diajukan ke PT TUN bisa diproses secepatnya.

Sebab, KPU harus menyiapkan pemilihan kepala daerah ulang di daerah-daerah itu bila sudah ada putusan kasasi.

Komisioner KPU Ida Budhiati berharap, MA dan PT TUN dapat segera mengeluarkan putusan hukum inkrah. Sehingga, pelaksanaan pilkada bagi daerah yang tertunda dapat segera dilaksanakan.

"Kami akan menunggu dari MA, setelah ada putusannya kami akan segera menyusun dan sangat tergantung kapan diterbitkan," kata Ida.


(TRK)