GM Pelindo III yang Todongkan Pistol Disebut Bebas

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Selasa, 22 Dec 2015 15:26 WIB
kriminalitas
GM Pelindo III yang Todongkan Pistol Disebut Bebas
GM Pelindo III saat di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, awal Desember lalu.

Metrotvnews.com, Surabaya: General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak, Eko Harijadi Budijanto, disebut bebas dari tahanan Polrestabes Surabaya. Padahal, Eko berstatus tersangka karena melakukan penodongan dengan pistol dan ditahan sejak awal Desember lalu.

Informasi bebasnya Eko dari jeruji besi pun sudah beredar di lingkungan kepolisian Kota Pahlawan itu. Bahkan, Kasubag Humas Polrestabes Surabaya AKP Lyli Djafar mengaku sudah mendengar informasi tersebut.

“Saya juga mendengar kabar itu (Eko bebas). Tapi, pastinya saya masih belum tahu,” katanya, Selasa (22/12/2015). Lyli mengaku tidak tahu keberadaan Eko.

Namun, sumber di internal PT Pelindo III, menyebutkan pada Sabtu 19 Desember 2015, Eko diketahui sedang bersih-bersih di ruang kantornya. “Saya melihat Pak Eko sedang bersih-bersih,” kata sumber terpercaya, yang enggan disebutkan namanya.

Di lain pihak, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKB Takdir Matanette maupun Kapolrestabes Surabaya Kombes Polisi Yan Fitri Halimansyah juga enggan mengomentari kabar dilepasnya petinggi di perusahaan milik BUMN tersebut. Kedua perwira tersebut tak ada komentar sedikit pun saat ditanya keberadaan Eko.

Secera terpisah, Kepala Humas PT Pelindo III Surabaya Edi Prayitno saat dikonfirmasi juga belum mengetahui kabar tersebut. “Maaf, saya masih belum tahu infonya,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Eko Harijadi Budijanto GM PT Pelindo III Tanjung Perak, Surabaya pada Sabtu 5 Desember 2015 melakukan tindak pidana penodongan dengan menggunakan pistol terhadap M Shofi, 29, salah seorang karyawan gerai ponsel di Plaza Marina, Surabaya.

Eko melakukan penodongan lantaran kesal hanya dijanjikan hadiah powerbank setelah dirinya membeli ponsel seharga Rp9,3 juta. Oleh Polrestabes Surabaya, Eko disangka dengan pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan.


(SAN)