Eks Pendiri PirateBay Lawan Perusahaan Label Musik dengan Cara Unik

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 23 Dec 2015 10:50 WIB
pirate bay
Eks Pendiri PirateBay Lawan Perusahaan Label Musik dengan Cara Unik
Bentuk jadi Kopimashin (foto: SlashGear)

Metrotvnews.com: Setelah dipenjarakan tahun lalu, salah satu pendiri PirateBay bernama Peter Sunde kini telah bebas dari masa tahanannya. Namun, hal tersebut bukan berarti Sunde telah bebas dari beban.

Ia masih harus membayar denda senilai jutaan dollar AS kepada berbagai perusahaan label musik yang lagunya telah dibajak di PirateBay. Sunde memang seharusnya menghindar dari dunia pembajakan, tetapi ternyata ia belum kapok.

Baru-baru ini ia membuat sebuah mesin bernama Kopimashin. Mesin yang disebut sebagai "karya seni" oleh Sunde tersebut diciptakan untuk mengkampanyekan anti kebijakan hak cipta yang berlebih dan menjatuhkan perusahaan label Gnarls Barkley yang telah menuntutnya.

Menurut SlashGear, Sunde membuat Kopimashin dengan menggunakan modul Raspberry Pi yang ditambahkan dengan sebuah layar LCD. Modul tersebut diprogram secara khusus untuk menduplikasi lagu-lagu yang dimiliki oleh perusahaan label Gnarls Barkley dengan kecepatan 100 salinan per detik.

Dengan kemampuan tersebut, Kopimashin dapat membuat kopi lagu sebanyak delapan juta salinan per hari. Jika dihitung, perusahaan label Gnarls Barkley akan mengalami kerugian sebesar USD10 juta per harinya. Meskipun demikian, Sunde tidak menyimpan hasil salinan dari lagu-lagu tersebut. Ia juga berencana untuk memajang mesin ini di pagelaran seni dalam waktu dekat.


(MMI)