Jalan Malioboro Ditutup pada Malam Pergantian Tahun

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 23 Dec 2015 11:10 WIB
hari raya nataltahun baru
Jalan Malioboro Ditutup pada Malam Pergantian Tahun
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Noverandika)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Yogyakarta akan menutup Jalan Malioboro di malam pergantian tahun pada 31 Desember mulai pukul 19.00 WIB.

"Jalan Malioboro mulai jam 18.00 WIB akan mulai kita kurangi kendaraan yang masuk, pada pukul 19.00 WIB baru akan kita tutup," kata Dirlantas Polda Yogyakarta, AKBP Tulus Ikhlas Panoji usai Gelar Pasukan Operasi Lilin 2016 di halaman Polda Yogyakarta, Rabu (23/12/2015).

Tulus memprediksi, pada malam pergantian tahu terjadi kepadata di sejumlah ruas titik jalan utama yang menimbukan kemacetan. Termasuk Jalan Malioboro, Jalan Magelang, serta Jalan Solo.

Sementara itu, sebagai solusinya, Dirlantas akan mengambil kebijakan melakukan pengalihan arus untuk bisa mengurai kemacetan. Jika Jalan Malioboro ditutup, kendaraan akan diarahkan ke Jalan Mataram tujuan simpang empat Gondoman. 

Sementara itu, untuk Jalan Solo dan Jalan Magelang pengalihan arus akan dilihat lebih dulu sejumlah jalur alternatif yang akan digunakan. Sebab, belajar dari tahun-tahun sebelumnya, dua ruas jalan utama lebih sering dipadati kendaraan yang hendak masuk ke dalam kota.

"Kita juga akan kurangi volume kendaraan yang masuk. Karena dari pemetaan kita volume kendaraan dari luar daerah Yogyakarta akan membludak," ujarnya.

Tulus menambahkan, potensi kemacetan perayaan pergantian tahun kali ini akan mengalami peningkatan ketimbang tahun lalu. Hal tersebut didasarkan bertambahnya volume kendaraan bermotor di Yogyakarta sebanyak 10 persen di tahun 2015.

"Itu belum termasuk peningkatan jumlah penduduk. Apalagi hotel sekarang sudah full tentu banyak wisatawan yang dampaknya juga pada kepadatan lalu lintas," ungkapnya.


(MEL)