Belum Stabil, Pergerakan Indeks Diperkirakan 4.600 di 2016

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 23 Dec 2015 11:31 WIB
ihsg
Belum Stabil, Pergerakan Indeks Diperkirakan 4.600 di 2016
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja Indeks Harga Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih belum menggembirakan sepanjang 2016. Bahkan, pergerakan indeks diperkirakan hanya berada di level di level 4.600 atau tidak jauh berbeda dengan pencapaian di 2015.

Associate Director Sinarmas Sekuritas Eri Suhaeri‎ menjelaskan, lambatnya pergerakan indeks di tahun depan banyak disebabkan oleh situasi dan kondisi ekonomi yang belum terlalu stabil baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. 

"Tahun depan mungkin ada perbaikan dari tahun ini. Tapi saya tidak terlalu optimistis (laju IHSG bisa mencapai level 5.000). Mungkin (indeks) masih di 4.600," kata Eri kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 22 Desember.

Tidak ditampik sejumlah target pembangunan memang tidak terlalu besar di 2016. Namun, jika target pembangunan infrastruktur bisa tercapai ditambah kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah mampu berjalan dengan lancar maka hal ini nantinya bisa menjadi stimulus positif bagi pergerakan pasar modal. 

‎"Tahun depan (indeks diperkirakan) masih tidak akan terpuruk. Dengan kebijakan politik harusnya lebih baik kalau semua tercapai. Pernah indeks mencapai di level 2.000, tapi tidak akan diulang lagi. Paling rendah indeks hanya 4.200," jelas Eri.

Lebih lanjut, Eri menilai, mesk pasar sekarang ini tengah anjlok karena ekonomi Indonesia mengalami gejolak, ditambah nilai tukar rupiah melemah, dan adanya sentimen negatif lainnya namun pasar berada di kondisi yang relatif aman. 

"Pasar bagus sekarang ini. Jadi fundament‎al kita ke pengusaha tidak menjadi kendala lagi," pungkas Eri.



(ABD)