Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Masih Tahap Diskusi

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 23 Dec 2015 12:10 WIB
kereta cepat
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Masih Tahap Diskusi
Menko Kemaritiman Rizal Ramli (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya mengadakan rapat koordinasi (rakor) membahas proyek kereta api cepat untuk Jakarta-Surabaya. Pembahasan ini dilakukan untuk mengetahui apakah proyek ini layak atau tidak.

Sayangnya, Menko Kemaritiman Rizal Ramli masih enggan untuk memberikan keterangan lebih lanjut terkait pembahasan proyek kereta api cepat usai rapat tersebut. Menurutnya hal ini masih dalam tahap diskusi sehingga dirinya enggan memberikan keterangan kepada para awak media. 

"Baru diskusi. Ini bukan rapat, diskusi. Kalau rapat kan resmi," ujar Rizal, saat ditemui di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2015).

Dirinya menjelaskan, diskusi mengenai proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya ini masih dalam tahap eksplorasi. Dalam artian, diskusi proyek ini masih membahas apakah kereta cepat ini layak dijalankan atau tidak. 

"Ini masih proses diskusi eksplorasi. Apakah mungkin. Apakah masuk akal. Apakah visible, ya kan. Masih level diskusi," tuturnya, seraya menyatakan bahwa ia enggan memberikan keterangan secara teknis. 

Untuk informasi, dalam diskusi itu hadir para deputi lingkup Kemenko Kemaritiman, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institur Teknologi Sepuluh November Surabaya, Kepala BKPMD Jabar Dadang Mohammad Ma'soem, Kepala Perwakilan Japan International Cooperation (JICA) Indonesia, Direktur Utama PT LAPI ITB, dan Para Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menko Maritim.



(ABD)