PKS Tegaskan Tetap Oposisi Bersama KMP

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 23 Dec 2015 12:42 WIB
pks
PKS Tegaskan Tetap Oposisi Bersama KMP
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menyampaikan pidato politik saat pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) PKS ke-4 di Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Senin (14/9).--Foto: MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertemuan antara Presiden PKS Sohibul Iman dan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Senin 21 Desember lalu, tak akan memengaruhi arah politik PKS ke depan. Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf menegaskan, PKS tetap berada di luar pemerintahan bersama Koalisi Merah Putih.

Ia membantah PKS akan mengikuti jejak sejumlah partai lain yang telah bergabung dengan pemerintah, di antaranya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Romahurmuziy.

"Paling jelas kita tetap sebagai oposisi di luar pemerintah bersama KMP. Kita tetap oposisi dan Presiden Jokowi menerima itu dengan baik," tegas Muzammil kepada Metrotvnews.com, Rabu (23/12/2015).

Muzammil menjelaskan, pihaknya hanya membahas berbagai perkembangan negara bersama Jokowi. Ia memastikan PKS tidak melakukan lobi-lobi politik untuk dapat masuk ke dalam pemerintahan.

"Kalau pertemuan itu kita membahas sistim birokrasi, demokrasi, ketahanan pangan, serta buruh migran. Tidak ada yang lain," jelas dia.

Presiden PKS Sohibul Iman bertamu ke Istana Presiden. Sohibul mengaku bersilaturahmi karena Presiden Jokowi dua kali berhalangan memenuhi undangan yang dilayangkan PKS. Pertemuan ini dilakukan tanpa sepengetahuan KMP.

Selepas pertemuan, Sohibul menyatakan PKS tetap setia terhadap Koalisi Merah Putih. PKS tak berniat merapat ke koalisi pendukung pemerintah.


(MBM)