Pelindo I Prioritaskan Layani Kapal Penumpang Saat Natal dan Tahun Baru 2016

Budi Warsito    •    Rabu, 23 Dec 2015 12:53 WIB
hari raya nataltahun baru
Pelindo I Prioritaskan Layani Kapal Penumpang Saat Natal dan Tahun Baru 2016
Ilustrasi kapal penumpang. (ANTARA/Izaac Mulyawan)

Metrotvnews.com, Medan: PT Pelabuhan Indonesia I menyatakan siap melayani angkutan saat Natal dan Tahun Baru 2016. Tak hanya di Pelabuhan Belawan, tetapi di seluruh pelabuhan milik Pelindo I yang berada di tiga kawasan.

Pelindo juga memprioritaskan kapal penumpang di setiap pelabuhan di Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Bengkalis, Selat Panjang, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan dan Sei Kolak Kijang di Bintan Kepulauan Riau. 

“Kapal penumpang akan mendapatkan prioritas standar di terminal penumpang dan di luar terminal penumpang jika ada kunjungan kapal secara bersamaan,” Kata M Eriansyah, ACS Humas Pelindo I melalui keterangan tertulis, Rabu (23/12/2015). 

Penyiapan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo I juga terus dilakukan, seperti fasilitas embarkasi dan debarkasi serta fasilitas bongkar muat. 

“Fasilitas embarkasi dan debarkasi yang kami siapkan meliputi dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi. Lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang,” jelas Eriansyah.

Mengantisipasi lonjakan arus barang sembako di pelabuhan Pelindo I juga telah menyiapkan fasilitas pelabuhan antara lain kesiapan dermaga, sispro (sistem dan prosedur) pelayanan kapal sembako, gudang dan lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT).

Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan seperti tenda, toilet, dan media informasi kepada penumpang, pengantar/penjemput seperti sound system, spanduk, banner, dan leaflet informasi. 

Fasilitas lain juga treus dibenahi seperti penambahan fasilitas Automatic Gate di Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Setiap penumpang kapal yang akan naik harus melalui Automotic Gate dengan menscan tiket mereka.

“Dalam waktu dekat, Pelindo I juga akan memasang fasilitas Garbarata di Pelabuhan Belawan, Garbarata ini akan mempermudah penumpang KM Kelud yang akan naik maupun turun dari kapal sehingga para penumpang tidak perlu melintasi dermaga pelabuhan lagi,” jelas Eriansyah.

Lebih lanjut, Eriansyah mengatakan membentuk posko serta tim pemantau untuk monitoring Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Posko ini berada di setiap cabang pelabuhan dan diisi petugas Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan, Pelindo I, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi dan Kesehatan Pelabuhan.

"Tim akan bertugas untuk memantau kegiatan embarkasi dan debarkasi, memantau bongkar muat barang, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian traffic dan pusat informasi serta pelaporan," katanya.

Tim monitoring dan pelayanan Angkutan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 ini akan bertugas mulai tanggal 10 Desember 2015 sampai 10 Januari 2016. Untuk pusat informasi dan pelaporan, Pelindo I menyediakan media pelaporan melalui email korporat poskonatal@pelindo1.co.id dan video conference yang ditempatkan di Kantor Kesyahbandaran guna monitoring langsung dengan Pusat Pengendalian Angkutan natal dan Tahun Baru Kementerian Perhubungan Jakarta dan menetapkan kontak person masing-masing pelabuhan.


(MEL)