Tiga Wilayah di Jawa Tengah jadi Fokus Teroris

Dhana Kencana    •    Rabu, 23 Dec 2015 13:29 WIB
natal dan tahun baru
Tiga Wilayah di Jawa Tengah jadi Fokus Teroris
Personel Polda Jatim berdoa dalam apel Operasi Lilin Semeru (ilustrasi). (Ant/Suryanto)

Metrotvnews.com, Semarang: Tiga wilayah di Jawa Tengah mendapat perhatian lebih dari kepolisian daerah setempat. Wilayah itu disebut-sebut menjadi fokus teroris. Pengamanan diperketat jelang Natal dan Tahun Baru.

Rabu 23 Desember 2015, Wakapolda Jateng Brigjend Pol Musyafak mengatakan, pihaknya akan mengintensifkan pengamanan di tiga wilayah itu. Ketiganya, yakni eks-Karesidenan Surakarta atau Solo Raya, Pekalongan, dan Pemalang.

"Solo Raya jadi fokus karena ada Ponpes-nya dan beberapa pengikut serta jemaah dari Abu Bakar Ba'asyir, meskipun dia ada di tahanan Cilacap," kata Musyafak.

Menghadapi Natal dan Tahun Baru, Polda Jateng bakal menurunkan 8.685 personelnya. Kekuatan itu masih ditambah lagi dengan 8.000 personel, termasuk dari TNI dan Linmas setempat. Mereka akan mengamankan gereja dan sejumlah pusat keramaian, tempat wisata, pada saat Tahun Baru 2016.

Musyafak menjelaskan, di Jateng ada 2.884 gereja. Terdiri dari 2.398 gereja Kristen Protestan dan 446 gereja Katholik. Tetapi, pihaknya memfokuskan pengamanan pada 173 gereja. Sayangnya, dia enggan membeberkan penyebab kenapa hanya 173 gereja itu yang jadi fokus pengamanan.

‎"173 itu jadi fokus karena berdasarkan pantauan intelijen," ujar dia singkat.


(SAN)