Rizal Ramli: Memang Sudah Waktunya Harga BBM Diturunkan

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 23 Dec 2015 13:41 WIB
bbm bersubsidi
Rizal Ramli: Memang Sudah Waktunya Harga BBM Diturunkan
Harga BBM naik. (MI/ATET DWI PRAMADIA).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengumumkan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar sore ini. Rencananya penurunan harga BBM akan mulai berlaku mulai Januari 2016.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan penurunan harga BBM jenis premium dan solar memang sudah seharusnya dilakukan. Hal ini disebabkan harga energi di dunia yang terus merosot.

"Saya kira memang sudah waktunya. Karena harga energi di dunia terus merosot karena ada peningkatan suplai. Sementara permintaan berkurang karena ekonomi melambat di seluruh dunia," ujar Rizal saat ditemui di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Rabu (22/12/2015).

Dirinya menambahkan, saat ini terdapat penemuan penting berupa ladang minyak yang besar berlokasi di sebelah utara Rusia. Menurutnyan ladang minyak tersebut bisa memberikan pengaruh terhadap harga minyak di seluruh dunia.

"Cadangannya (ladang minyak di Rusia) besar sekali dan itu punya pengaruh terhadap harga minyak mentah di seluruh dunia. Kita memang perlu turunkan (Harga BBM), hanya mengenai berapanya dan sebagainya masih didiskusikan ya," jelasnya sambil hendak bergegas ke Istana.

Sekadar informasi, Direktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja mengatakan pengumuman penurunan harga BBM rencananya akan disampaikan langsung oleh Menteri ESDM Sudirman Said sore ini.

Menurutnya, BBM jenis solar penurunnya bisa lebih dari Rp500 per liter. Sedangkan untuk BBM jenis premium penurunannya sekitar Rp200 hingga Rpr300 per liter.


(SAW)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

47 minutes Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA