Jepang Lihat Kapal Bersenjata Tiongkok di Perairan Sengketa

Willy Haryono    •    Rabu, 23 Dec 2015 14:28 WIB
jepang-tiongkok
Jepang Lihat Kapal Bersenjata Tiongkok di Perairan Sengketa
Foto dari Penjaga Pantai Jepang memperlihatkan sebuah kapal bersenjata dari Penjaga Pantai Tiongkok di perairan sengketa kedua negara, 22 Desember 2015. (Foto: AFP/Japan Coast Guard)

Metrotvnews.com, Tokyo: Jepang mengaku melihat sebuah kapal bersenjata dari penjaga pantai Tiongkok di dekat pulau-pulau di perairan yang disengketakan kedua negara.

Kapal Tiongkok biasa berlayar di sekitar pulau-pulau tak berpenghuni, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok. Namun seorang juru bicara penjaga pantai Jepang mengatakan kapal bersenjata dari Tiongkok belum pernah terlihat di daerah tersebut.

"Kami tidak tahu niat Tiongkok, tapi respon kita tidak berubah, dan kami akan bertindak dengan tenang dan tegas untuk keselamatan Jepang," kata Yosuke Watanuki, juru bicara unit daerah yang meliputi pulau-pulau terpencil di selatan Jepang, seperti dikutip Associated Press, Selasa (22/12/2015).

Insiden ini kemungkinan menimbulkan kekhawatiran Jepang bahwa Tiongkok perlahan-lahan meningkatkan aktivitasnya di Laut China Timur. Bulan lalu, sebuah kapal angkatan laut Tiongkok berlayar dengan santai melintasi Laut China Timur, yang otomatis menarik perhatian Jepang. 

Sejak awal tahun ini, Jepang secara terbuka mengeluhkan eksplorasi minyak dan gas Tiongkok di Laut China Timur. Keluhan diungkapkan dengan mengunggah sejumlah foto di dunia maya, yang memperlihatkan aktivitas pengeboran minyak dan gas oleh Negeri Tirai Bambu. 

Penjaga pantai Jepang merilis sebuah foto dari kapal bersenjata Tiongkok yang berlayar di Laut China Timur. Itu adalah satu dari empat kapal penjaga pantai Tiongkok yang terlihat, dan salah satunya bersenjata. Keempat kapal itu tidak berlayar ke perairan yang dianggap Jepang sebagai wilayah mereka.

Hingga saat ini, penjaga pantai Tiongkok belum mengklarifikasi pengakuan Jepang. (Nabila Gita)


(WIL)

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

22 minutes Ago

Jakarta: Terdakwa korupsi pengadaan KTP elektronik tahun anggaran 2011-2013 Andi Narogong memba…

BERITA LAINNYA