Makanan Impor Kadaluwarsa Beredar di Swalayan Bogor

Mulvi Muhammad Noor    •    Rabu, 23 Dec 2015 16:04 WIB
makanan berbahaya
Makanan Impor Kadaluwarsa Beredar di Swalayan Bogor
Makanan dalam kemasan kaleng yang kadaluarsa disita Disperindag Kota Bogor, Jawa Barat dari beberapa pasar swalayan. (Metrotvnews.com/Mulvi M Noor)

Metrotvnews.com, Bogor: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor menyita makanan kadaluwarsa yang dijual di swalayan. Mayoritas merupakan makanan kemasan kaleng impor. Penjual makanan tak layak konsumsi itu hanya diberi teguran.

Disperindag Kota Bogor, Jawa Barat, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah swalayan di Jalan Sukasari, Suryakancana dan Merdeka. Mereka memeriksa label dan kemasan makanan serta parsel-parsel.

"Di salah satu swalayan, kami menyita 14 item makanan kadaluarsa dan sejumlah makanan dalam kondisi kemasan yang rusak," kata Bambang Budiarto, Kepala Disperindag Kota Bogor di lokasi sidak, Rabu (23/12/2015).

Ia menambahkan, pemilik swalayan hanya diberikan sanksi teguran dan wajib lapor. Disperindag akan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap pemilik swalayan juga distributor.

Sementara itu, ke empat belas item makanan kadaluarsa yang disita terdiri dari wafer, sayuran dan manisan kaleng. Makanan-makanan tersebut merupakan makanan impor dan tidak disertai keterangan berbahasa Indonesia pada kemasannya.

"Sebelum memberikan sanksi lebih lanjut, kita akan panggil pemilik swalayannya. Akan kita cari tahu apakah disengaja atau tidak," pungkasnya.


(SAN)