Revaluasi Aset, Bank of India Indonesia Masuk BUKU II

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 23 Dec 2015 16:15 WIB
bank of india indonesia
Revaluasi Aset, Bank of India Indonesia Masuk BUKU II
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank of India Indonesia Tbk (BSWD) berhasil masuk ke kelompok Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) II pada akhir 2015 ini. Naik kelasnya Bank of India Indonesia ini setelah mendapatkan tambahan modal usai melakukan revaluasi aset. 

Direktur Operasional Bank of India Ferry Koswara mengatakan, Bank of India Indonesia berhasil mendapatkan dana segar sebesar Rp122 miliar yang masuk sebagai modal inti atau Tier 1 setelah melakukan revaluasi aset guna meningkatkan permodalan pada akhir tahun ini.

"Dengan demikian, modal inti perseroan mengalami peningkatan menjadi Rp1,08 triliun dari posisi September 2015 yang sebesar Rp964 miliar," ujar Ferry, ditemui di Kantor Bank of India Indonesia, Jalan KH Samanhudi, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2015).

Sementara itu, Bank of India Indonesia juga telah meningkatkan versi core banking system dari Aplhabetis versi 1.01 menjadi Alphabetis versi 2.03 pada November 2015 lalu. Biaya peningkatan core banking ini mencapai Rp11 miliar yang diambil dari amortisasi perusahaan, bukan dari belanja modal.

"Dari peningkatan tersebut, Bank of India Indonesia mempunyai dua benefit peningkatan fitur yaitu Know Your Customer dan Anti Money Laundering. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya risiko operasional," jelas dia.

Sedangkan untuk tahun depan, perseroan bakal mengincar peningkatan kualitas aktiva konsolidasi internal dengan menjaga rasio kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) di bawah lima persen. Selain itu, perseroan juga akan mengoptimalkan penggunaan dana dari right issue guna meningkatkan aktivitas bisnis di masa-masa mendatang.



(ABD)