Serangan Drone Tewaskan Empat Terduga Militan Al Qaeda

Willy Haryono    •    Rabu, 23 Dec 2015 16:53 WIB
konflik yaman
Serangan Drone Tewaskan Empat Terduga Militan Al Qaeda
Warga berkerumun di dekat mobil yang hancur terkena serangan drone di daerah antara provinsi Marib dan Chabwa, Yaman, 26 Januari 2015. (Foto: AFP/STR)

Metrotvnews.com, Baida: Sebuah serangan dari pesawat tanpa awak atau drone menewaskan empat terduga militan Al Qaeda di wilayah pusat Yaman, Rabu (23/12/2015). 

Serangan membidik kendaraan keempat militan di dekat perbatasan provinsi Baida dan Shabwa. Seperti dikutip AFP, diduga kuat serangan dilancarkan Amerika Serikat, karena merupakan satu-satunya negara yang mengoperasikan drone di Yaman.

Dalam beberapa bulan terakhir, AS mengintensifkan serangan drone terhadap militan dalam perang antara pasukan rezim pemerintah dengan pemberontak Houthi. 

Yaman adalah tempat tinggal Al Qaeda in the Arabian Peninsula (AQAP), grup terafiliasi Al Qaeda yang dinilai AS paling berbahaya di dunia.

AQAP mengeksploitasi konflik rezim dengan Houthi untuk memperkuat cengkeramannya di wilayah tenggara Yaman, termasuk Mukalla, ibu kota provinsi Hadramawt. Di sana, AQAP menerapkan hukum syariah dengan ketat. 

Sejumlah grup ekstremis, termasuk AQAP dan Islamic State (ISIS), juga berkuasa di dalam dan sekitar kota Aden. 



(WIL)