Kaleidoskop 2015

Aktor dan Aktris Indonesia Paling Bersinar Tahun Ini

Nia Deviyana    •    Rabu, 23 Dec 2015 17:19 WIB
kaleidoskop hiburan
Aktor dan Aktris Indonesia Paling Bersinar Tahun Ini
Chicco Jerikho (Foto: MI/Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun 2015 merupakan kebangkitan bagi perfilman Indonesia. Kondisi ini tak lepas dari kontribusi aktor dan aktris yang menjadi salah satu penentu kualitas film.

Berikut ini, aktor dan aktris film yang paling bersinar di tahun 2015:

1. Dedy Sutomo
Tahun 2015 menjadi tahun penuh gemilang bagi aktor senior ini. Berkat film Mencari Hilal, aktor 74 tahun ini berhasil menyabet piala untuk kategori aktor terbaik di tiga ajang sekaligus, yakni Festival Film Indonesia (FFI) 2015, Festival Film Bandung (FFB) 2015, dan Piala Maya 2015.


2. Reza Rahadian
Tahun ini menjadi penanda 10 tahun eksistensi Reza Rahadian di dunia perfilman Tanah Air. Sepanjang 2015, Reza masih cukup eksis dengan tiga film, diantaranya Kapan Kawin?, Guru Bangsa: Tjokroaminoto, dan Battle of Surabaya. 

Pria yang membintangi lebih dari 30 film ini juga mendapat nominasi untuk kategori aktor terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) dan Festival Film Bandung (FFB). 

Reza Rahadian (Foto: Metrotvnews.com/Triyanisya)

3. Joe Taslim
2015 juga menjadi tahun penuh berkah bagi Joe Taslim. Mantan atlet Judo ini dipinang untuk bermain di film Star Trek Beyond garapan sutradara Justin Lin. 

Ini bukan kali pertama Joe Taslim digaet sutradara Lin. Sebelumnya, keduanya juga pernah bekerjasama untuk film Fast and Furious 6. Star Trek Beyond direncanakan rilis pada 8 Juli 2016, bertepatan dengan perayaan 50 tahun serial Star T. Film ini akan menjadi pengalaman kedua Taslim berkarier di Hollywood.

Joe Taslim (Foto: MI/Angga Yuniar)

4. Trio The Raid
Tiga jagoan The Raid juga kembali beraksi tahun ini. Tak tanggung-tanggung, Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman langsung membintangi film yang sudah dinanti banyak orang, Star Wars: The Force Awakens. 

Dalam Star Wars: The Force Awakens, Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Cecep Arif Rahman yang masing-masing berperan sebagai Razoo Qin-fee, Tasu Leech dan Crokind Shand ini bersanding dengan sederet aktor papan atas Hollywood seperti Harrison Ford, Mark Hamill dan Carrie Fisher.


5. Tara Basro
Berkat film besutan sutradara Joko Anwar yang berjudul A Copy of My Mind, Tara Basro berhasil membuktikan dirinya sebagai aktris terbaik tahun ini di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2015.

Meski belum dirilis, A Copy of My Mind sudah meraup prestasi, yakni tujuh nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Salah satunya, nominasi film terbaik. 

Film bergenre drama romantis ini juga mendapat apresiasi tinggi di festival film luar negeri seperti 19th Busan International Film Festival, 72nd Venice International Film Festival 2015, dan Toronto International Film Festival 2015 di Toronto, Kanada.


Tara Basro (Foto: AFP/Tiziana)

6. Chicco Jerikho
Sejak membintangi film Filosofi Kopi, nama Chicco semakin bersinar. Tahun ini, aktor terbaik Indonesia Movie Awards 2015 ini kembali bermain untuk film A Copy of My Mind, Negeri Van Oranje, Aach... Aku Jatuh Cinta.


7. Dian Sastrowardoyo
Nama Dian Sastro masih cukup kuat menggulung nama-nama beken di jagad film Indonesia meski sempat vakum selama enam tahun. Gaung sekuel Ada Apa dengan Cinta (AADC) yang semakin kencang dipromosikan berhasil menambah popularitas aktris cantik ini. Hal itu membuktikan, kehadiran ibu dua anak ini masih dinanti para penggemarnya.


Dian Sastro (Foto: MI)


(ELG)