SDA: Saya Tidak Rela Dipenjara

Renatha Swasty    •    Rabu, 23 Dec 2015 18:09 WIB
korupsi haji
SDA: Saya Tidak Rela Dipenjara
Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali (Foto:Antara/Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali tak terima dituntut 11 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum pada KPK. SDA merasa tak pernah melakukan korupsi dalam pelaksanaan ibadah haji 2010-2013.
 
"Saya dijadikan terdakwa karena surat yang tidak saya tanda tangani, dua notulensi yang tidak ditandatangani, yang isinya perumahan dan catering. Namun tidak satu rupiah pun yang masuk ke kantong saya," kata SDA usai menjalani sidang Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (23/12/2015).
 
Terkait pendamping Amirul Hajj berjumlah tujuh orang yang berisi saudara SDA, ia tidak masalah. Hal ini kata SDA lantaran tak ada biaya tambahan buat pendamping, selain memakai biaya dinas.
 
"Jangankan 11 tahun, satu hari saja tidak rela (dipenjara). Saya tidak berbelit-belit, saya membela diri. Benteng saya hanya majelis hakim," kata SDA.
 
SDA berharap, majelis hakim mengadili dia dengan rasa keadilan berdasarkan pertanggungjawaban pada Tuhan Yang Maha Esa.
 
Suryadharma Ali dituntut 11 tahun penjara. Bekas Menteri Agama itu terbukti korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji 2010-2013 dan pengelolaan dana operasional menteri pada 2011-2014.
 
SDA dituntut pidana pengganti berupa uang dengan jumlah Rp2,2 miliar apabila tidak dapat dibayar harta bendanya akan disita dan akan dilelang, apabila tidak mencukupi juga akan dikenakan pidana tambahan berupa empat tahun kurungan.
 
Jaksa juga menuntut hukuman tambahan berupa pencabutan hak terdakwa menduduki dalam jabatan publik selama lima tahun terhitung sejak selesai menjalani pidananya.


(FZN)