Jalur Pantura Brebes Merayap Hingga 7 Km

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 23 Dec 2015 18:41 WIB
pantura
Jalur Pantura Brebes Merayap Hingga 7 Km
Antrean kendaraan di Jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah, pada petang hari Rabu (23/12/2015). (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Volume kendaraan yang melintasi jalur Pantura wilayah Brebes, Jawa Tengah, meningkat. Perbaikan jalan mengakibatkan antrean kendaraan pada Rabu (23/12/2015) petang mengular hingga tujuh kilometer.

Kemacetan itu terjadi di ruas Bulakamba hingga Wanasari atau arah Jakarta-Semarang. Padahal, polisi telah menerapkan contra flow dengan pola tiga-satu. Namun, meningkatnya volume kendaraan menyebabkan ratusan kendaraan menumpuk. Pengguna jalan yang biasa melintas mulai mengeluh.
 
Salah satu sopir angkutan umum, Eko mengaku resah dengan kondisi jalan yang terus mengalami kemacetan. Jarak tempuh perjalanan Tegal-Losari yang biasanya satu jam, kini harus ditempuh dua hingga tiga jam perjalanan.
 
“Otomatis biaya bahan bakar pun naik. Pendapatan turun, soalnya penumpangnya berkurang. Biasanya sehari bersih bisa Rp50 ribu, sekarang hanya Rp20-Rp30 ribu saja,” ujar Eko.
 
Kepadatan kendaraan juga terjadi padai arus sebaliknya dari Tegal menuju ke Brebes. Hal itu karena adanya penyempitan jalan akibat diberlakukannya satu jalur oleh petugas lalu lintas. Kendaraan mengular dari Tegal hingga Brebes Kota sepanjang lima kilometer.
 
“Saya sempat berhenti dua jam di perbatasan Tegal-Brebes, bis yang saya tumpangi tidak bisa bergerak sama sekali,“ kata Eis yang hendak menuju ke Brebes dari Terminal Tegal.
(SAN)