BG Kembali Masuk Bursa Kapolri versi Kompolnas

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 23 Dec 2015 19:01 WIB
budi gunawan
BG Kembali Masuk Bursa Kapolri versi Kompolnas
Wakapolri Komjen Budi Gunawan----Ant/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Peluang Wakapolri Komjen Budi Gunawan menjadi Tribrata I tak pernah pupus. Budi punya dan tetap dijagokan mengisi kursi yang nantinya ditinggalkan Jenderal Badrodin Haiti.

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrianus Meliala mengatakan, peluang Budi menjadi Tribarata-1 terbuka lebar. "Yang jelas, kami akan ajukan nama dan pertimbangan. Pak BG (Budi Gunawan) tentu berpeluang, ada keberatannya ada kelebihannya," kata Adrianus di kantor Kompolnas, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/12/2015).


Budi Gunawan ditemani Budi Waseso (Ant.Sigid K)

Budi sempat tenar lantaran pernah menyandang status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tapi, status tersangka pudar seiring diterimanya gugatan praperadilan BG oleh hakim tunggal Sarpin Rizaldi.

Adrianus mengatakan, ketenaran Budi yang sempat mengemuka itu juga menjadi pertimbangan untuk Kompolnas. "Itu juga akan jadi salah satu pertimbangan, pasti. Tapi nanti pemilihannya oleh Presiden," ucapnya.


Wakapolri di Istana (Ant.Yudhi Mahatma)

Meski pernah diajukan menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo, Budi harus tetap menjalani proses seleksi dan wawancara untuk dipertimbangkan sebagai calon Kapolri bersama jenderal bintang tiga lain yang diajukan Kompolnas. Terlebih, penentuan Kapolri tetap berada di tangan Presiden.

"Yang penting, proses tata negaranya harus jalan. Ketika Kompolnas yang membantu presiden untuk mengusulkan, mungkin juga presiden punya calon sendiri dan tidak melihat usulan kami," jelasnya.


(TII)