Pengamat Sayangkan Novanto Masih Diberi Posisi Strategis

Githa Farahdina    •    Kamis, 24 Dec 2015 07:15 WIB
pengganti setya novanto
Pengamat Sayangkan Novanto Masih Diberi Posisi Strategis
Mantan Ketua DPR Setya Novanto/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat politik UIN Gun Gun Heryanto menyayangkan langkah Partai Golkar menunjuk Setya Novanto sebagai Ketua Fraksi. Ia bertukar posisi dengan Ade Komaruddin yang kini ditunjuk sebagai Ketua DPR.

"Bukan pilihan tepat. Novanto sudah bersalah kok masih diberi posisi strategis menjadi salah satu alat kelengkapan dewan." tegas Gun Gun dalam dialog Bincang Pagi Metro TV, Kamis (24/12/2015).

Posisi ini, tambah Gun Gun, menjadi problem. Apalagi, terduga pencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terkait perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia ini sudah diproses secara etik di Mahkamah Kehormatan Dewan. Novanto pun sebelumnya sudah diputus melanggar etika ketika bertemu Donald Trump, beberapa bulan lalu.

"Harusnya Partai Golkar menangkap itu," tambah Gun Gun.

Tak hanya soal posisi Novanto, penunjukan Ade pun dipermasalahkan. Kubu Agung Laksono menilai Ade tak sah ditunjuk menggantikan Novanto. Mereka akhirnya menunjuk Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Ketua DPR.

Kubu Agung berkeras memegang surat keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, meski putusan Mahkamah Agung mengisyaratkan SK tersebut gugur dan kepengurusan kembali pada hasil Munas 2009.

Konflik internal Golkar, terang Gun Gun, tak akan selesai selama dua kubu masih berada pada titik absolut masing-masing. Konsiliasi yang saat ini dijalankan pun dinilai tak akan efektif.

"Konsiliasi itu bukan cuma agreement, tapi butuh pemahaman dan persetujuan yang sama. Selama tidak ada tiga hal itu, konflik tidak akan selesai," kata dia.

Sementara Ketua Tim Penyelamat Partai Golkar Yorrys Raweyai menilai penunjukan Ade sudah sesuai mekanisme.

"Selama ini DPR hanya mengakui kepengurusan fraksi Ade Komaruddin," tegas Yorrys.


(OJE)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

17 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA