PLN Siap Antisipasi Pemadaman Listrik di Libur Akhir Tahun

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 24 Dec 2015 11:35 WIB
listrik
PLN Siap Antisipasi Pemadaman Listrik di Libur Akhir Tahun
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Lucky R)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang mengaku sudah mempersiapkan segala kemungkinan terburuk dari terjadinya pemadaman listrik kapan saja dan di mana saja, termasuk ketika pada acara-acara besar seperti Natal dan Tahun Baru 2016. Persiapan ini diharapkan bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Manajer Komunikasi, Hukum dan Administrasi, PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Aries Dwianto mengatakan, bila terjadi gangguan pada sistem jaringan tenaga listrik termasuk kejadian yang tidak diprediksi sebelumnya atau bencana alam maka PLN siap melakukan antisipasi percepatan pemulihan.

"PLN Disjaya dan Tangerang melakukan siaga penuh pada setiap posko pelayanan teknik pada 35 wilayah selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu," kata Aries, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (24/12/2015).

Ia mengaku, beberapa langkah telah dipersiapkan. Adapun beberapa persiapan itu yaitu pertama, dengan melakukan pengecekan pada seluruh Jaringan Tenaga Listrik (JTL) di wilayah Disjaya dan Tangerang, terutama kondisi JTL yang kritis yang diperkirakan dapat menimbulkan gangguan padam di sisi pelanggan.

"Apabila diketahui ada jaringan yang rawan gangguan akan segera diperbaiki," ucap dia.

Kedua, pada sistem 20 KV diusahakan kondisi jaringan dalam keadaan normal. Apabila terdapat gangguan maka akan dilakukan manuver jaringan dengan melihat kemampuan peralatan distribusi di sisi 20 KV sehingga daerah yang terganggu bisa diisolir dan segera dilakukan perbaikan

Ketiga, PLN akan lebih meningkatkan kesiapan pelayanan gangguan Jaringan Tenaga Listrik dengan cara piket stand by bagi petugas pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yang terbagi dalam tiga shift selama 24 jam, khususnya dalam hal percepatan mengatasi gangguan dan atau pemulihannya.

"Selain itu, kami juga mempersiapkan 16 Mobil Unit Deteksi Gangguan Kabel, 23 Mobil Unit Gardu Bergerak (UGB), 18 Mobil Unit Trafo Bergerak (UTB), 14 Mobil Unit Kabel Bergerak (UKB), 21 Mobil Unit Genset dan lima Truk Crane, dan khususnya di wilayah Tangerang kami siapkan juga tiga Mobil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) TM–20 KV," tutup dia.



(ABD)